Sukses

Bos Besar Mitsubishi Mengundurkan Diri

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Jepang. Bos besar Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuko dikabarkan mengundurkan diri sebagai chairman of the board dan perwakilan pejabat eksekutif MMC karena alasan kesehatan.

"Takao Kato, yang saat ini menjabat sebagai anggota dewan direksi dan perwakilan pejabat eksekutif, sekaligus sebagai chief executive officer (CEO) MMC, untuk sementara akan mengemban tugas sebagai ketua, dan Masuko akan diposisikan sebagai special advisor atau penasihat khusus MMC," tulis Mitsubishi dalam keterangan resminya, Sabtu (8/8/2020).

Sekadar informasi, Osamu Masuko diangkat menjadi presiden MMC sudah cukup lama yakni pada 2005.

Selama masa jabatannya sebagai presiden dan CEO, Masuko memimpin perusahaan di berbagai bidang termasuk pengenalan kendaraan ramah lingkungan yang canggih seperti EV dan PHEV, serta perluasan produksi dan penjualan di kawasan ASEAN.

"Masuko akan mendukung MMC sebagai penasihat khusus dengan sepenuhnya memanfaatkan pengetahuan dan pengalamannya," sebut Mitsubishi.

 

2 dari 4 halaman

Karir Masuko

Karir pria kelahiran 19 Februari 1949 di pabrikan berlambang tiga berlian ini cukup panjang. Pada Maret 1972, ia lulus dari Universitas Waseda Fakultas Ilmu Politik dan Ekonomi.

Sebulan kemudian atau April 1972 Masuko muda bergabung dengan Mitsubishi Corporation MITSUBISHI MOTORS. Setelah 31 tahun mengabdi, pada April 2003 ia diangkat sebagai Senior Vice President, Division COO of Motor Vehicle Business Division, Mitsubishi Corporation.

Setahun kemudian, pada Juni 2004 ia menjabat sebagai Managing Director, in charge of Overseas Operations Group Headquarters, MMC. Dan Januari 2005 menjadi tonggak sejarah bagi dirinya karena diangkat sebagai President, Chief Business Ethics Officer, MMC.

 

3 dari 4 halaman

Gonta-ganti Jabatan

Pada Oktober 2007 ia menjadi President MMC hingga kemudian pada 2014 ia ditetapkan sebagai Chairman of the Board and CEO MMC. Lalu pada Juni 2016 ia mengisi posisi Chairman of the Board, President and CEO MMC.

Di Desember 2016 posisinya kembali berubah menjadi President and CEO MMC dan pada Juni 2017 kembali berganti menjadi Member of the Board and CEO MMC.

Pada November 2018 ia menempati posisi Chairman of the Board and CEO MMC dan Juni 2019 menghuni Chairman of the Board, Representative Executive Officer MMC. Barulah pada Agustus 2020 ia ditempatkan sebagai Special Advisor MMC.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: