Sukses

Cara Jitu Bersihkan AC Tanpa Bongkar Dasbor

Liputan6.com, Jakarta - AC memegang peranan penting dalam menentukan kenyamanan berkendara. Tanpa kehadiran AC, tentu mobil akan terasa gerah dan menyebalkan.

Dilansir Merdeka.com, AC pun harus rutin dibersihkan. Pasalnya, debu atau kotoran yang menempel bisa menyumbat dan membuat AC tidak berfungsi dengan baik.

Untuk membersihkannya pun Otolovers tak perlu melulu harus ke bengkel. AC mobil juga bisa dibersihkan tanpa harus membongkar dasbor.

Kini, cara membersihkan AC mobil dengan lebih praktis karena tidak perlu repot-repot membuka dasbor terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya dengan bantuan alat khusus yang disebut kamera endoskopi.

 

2 dari 4 halaman

Kamera Endoskopi

Dijelaskan Manajer Pemasaran Autoglaze, Stephen Setyadi alat ini fungsinya sama seperti alat bantu untuk operasi. Jadi, saat membersihkan AC bisa lebih mudah.

"Alat ini adalah kamera yang ada selangnya. Jadi, bisa melihat kondisi evaporator, dan sekaligus menyemprotkan udara dan air untuk membersihkannya," jelas Stephen.

Lanjutnya, dengan menggunakan cara ini juga, waktu pembersihan AC jadi lebih sebentar. Jika biasanya, saat membersihkan AC dan membongkar dasbor membutuhkan waktu setengah hari bahkan sampai satu hari

"Biayanya juga pasti lebih murah, karena jika bongkar dasbor biayanya Rp1 sampai Rp2 juta. Tapi dengan alat ini, biayanya hanya Rp600 ribuan, dan member di Autoglaze hanya Rp400 ribuan," pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Berikut cara membersihkan AC mobil yang bisa dipraktikkan di rumah:

Jangan merokok di mobil sebab asap dan debu dari rokok bisa ikut masuk ke dalam filter. Hal ini akan membuat filter menjadi cepat kotor. Akhirnya pendinginan di dalam kabin menjadi kurang maksimal.

Jangan terlalu lama membuka jendela saat AC menyala, sebab hal ini dapat memengaruhi kinerja kompresor dalam dan dapat membuat suhu ideal di dalam kabin jadi lebih berat dan akhirnya membuat AC lebih mudah rusak.

Pilih wewangian untuk mobil yang tepat. Hindari menggunakan pewangi gel karena dapat bisa berubah menjadi gas dan menguap. Ketika terkena dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke dalam bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator dalam AC.

Jangan matikan mesin mobil ketika AC menyala sebab hal ini akan merugikanmu, yang mana nanti saat kamu menyalakan mesin mobil otomatis AC akan langsung bekerja. Ingat aki atau accu akan bekerja ekstra keras saat mesin mobil baru pertama kali dinyalakan. Karena kinerja aki tidak bisa maksimum, arus listrik yang dihasilkan pun menjadi kurang stabil. Hal inilah yang akan mempengaruhi kelistrikan AC. 

Sumber: Merdeka.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: