Sukses

AC Mobil Terasa Apek, Segera Cek Bagian Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sistem penyejuk udara atau AC pada mobil bertujuan untuk membuat pengemudi dan penumpang mobil merasa nyaman di dalam mobil. Beberapa pengguna mobil bahkan menyematkan pewangi di kabin.

Nah, jika sudah ada pewangi tapi kabin masih apek, coba periksa beberapa hal. Bisa karena kabin mobil kotor akibat ada bekas makanan atau justru bau apek keluar dari udara yang dihembuskan oleh AC.

Jika bau apek keluar dari AC mobil, itu bisa terjadi lantaran freon AC mulai berkurang. Ingat, tanda freon mulai berkurang bukan hanya AC tak lagi dingin, tapi juga bisa mengeluarkan bau tak sedap seperti dijelaskan dalam situs Auto2000.

Bau apek itu muncul lantaran ruang evaporator yang lembab. Sehingga hembusan udara ke kabin akan menjadi bau apek.

Bau apek itu akan semakin menjadi-jadi jika evaporator AC juga sudah kotor. Evaporator yang kotor akan membuat bau apek menjadi lebih menyengat. Bau apek itu akan hilang dengan sendirinya jika freon diganti baru dan volumenya sesuai dengan yang direkomendasikan.

Sumber: Otosia.com

2 dari 2 halaman

Kenali Penyebabnya Jika AC Mobil Tiba-Tiba Panas

Kebanyakan pemilik mobil saat ini sangat bergantung pada air conditioner (AC) atau pendingin kabin. Hal itu wajar karena kondisi kabin yang panas tentunya mengurangi rasa nyaman saat berkendara. 

Tapi bila AC mobil mendadak tak sejuk lagi, bahkan mengeluarkan hawa panas, kita pasti bingung. Terkadang bahkan tak tahu harus berbuat apa.

 

Menurut laman Suzuki, AC mobil mendadak panas karena ada masalah di bagian komponen magnetic clutch. Komponen ini berfungsi menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin.

Ada tiga gejala yang menunjukkan magnetic clutch bermasalah. Pertama, blower AC tetap hidup, tapi embusan AC tiba-tiba terasa panas dan disusul putaran mesin yang meningkat sekitar 1.000-1.500 RPM.

Biasanya AC akan dimatikan beberapa saat, dan setelah dinyalakan kembali, suhu AC kembali normal.

Ke dua, keluhan AC yang panas secara tiba-tiba mayoritas terjadi saat kendaraan terjebak kemacetan saat melaju kencang di jalan tol.