Sukses

Waspadai Mikrodroplet Penyebab Corona Covid-19, Buka Jendela Mobil Tiap Pagi

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 di Indonesia urung berakhir. Jumlah pasien yang terinfeksi virus inipun naik turun dari waktu ke waktu. 

Juru bicara penanganan Corona di Indonesia, Achmad Yurianto mengingatkan bahwa penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 bisa terjadi melalui droplet orang yang sakit.

"Droplet ini ada yang ukurannya kecil yang kita sebut mikrodroplet yang memiliki waktu cukup lama untuk bisa hilang dari lingkungan," kata Yuri pada saat mengumumkan data terbaru mengenai COVID-19 di Tanah Air pada Kamis, (9/7).

Terutama, lanjut Yuri, pada wilayah tertutup dengan ventilasi yang tidak terlalu baik, "Maka mikrodroplet ini akan melayang-layang dalam waktu relatif lama."

Yuri pun tak bosan mengingatkan agar masyarakat tidak lupa menggunakan masker. Menurut Yuri, masih banyaknya penambahan kasus COVID-19 di Indonesia disebabkan masyarakat yang kurang disiplin menggunakan masker.

Berikutnya adalah jaga jarak aman dan sering mencuci tangan menggunakan sabun.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Terhindar dari Mikrodroplet Penyebab Virus Corona COVID-19

Buat para pekerja yang sudah mulai kembali ke kantor, pencegahan penularan COVID-19 melalui mikrodroplet dapat dilakukan dengan memastikan bahwa sirkulasi udara dan ventilasi di ruangan terganti udaranya.

"Kemudian, sebisa mungkin untuk mendapatkan akses udara segar dari luar. Kalau bisa dilakukan, lakukan itu," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Buka Jendela Mobil Tiap Pagi

Begitu juga bagi yang berkegiatan menggunakan mobil. Yuri menyarankan agar membuka jendela mobil setiap pagi.

Ini bertujuan untuk memberi kesempatan udara di dalam ruangan tergantikan dengan udara baru yang berasal dari luar.

"Setelah itu kita tutup," katanya.

Sebisa mungkin kita tidak berada di dalam satu lingkungan yang udaranya tak pernah terganti. Jangan terjebak di dalam satu ruangan dengan AC tersikulasi di dalamnya.

Penulis: Aditya Eka Prawira

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.