Sukses

Mengenal Beragam Jenis Kamera Mobil dan Fungsinya

Meski bukan perlengkapan wajib di Indonesia, kamera mobil merupakan salah satu aksesori mobil yang populer belakangan ini. Terletak di bagian depan, kamera akan merekam aktivitas di jalan saat pengemudi menjalankan kendaraannya.

Liputan6.com, Jakarta - Meski bukan perlengkapan wajib di Indonesia, kamera mobil merupakan salah satu aksesori mobil yang populer belakangan ini. Terletak di bagian depan, kamera akan merekam aktivitas di jalan saat pengemudi menjalankan kendaraannya.

Apabila terjadi suatu hal, rekaman tersebut dapat dijadikan bukti. Selain kamera depan, ternyata mobil ternyata memiliki beberapa jenis kamera.

Berikut jenis-jenis kamera mobil yang sering digunakan seperti dilansir Garda Oto, Kamis (18/6/2020).

1. Kamera Depan

Sesuai nama yang diberikan, kamera ini dipasang di bagian depan mobil. Kamera ini menjadi hal paling penting karena merekam seluruh aktivitas di jalan.

Ketika suatu saat terjadi tabrakan atau kecelakaan, rekaman kamera depan dapat dijadikan bukti untuk mengetahui siapa sebenarnya pihak yang bertanggung jawab.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kamera Dual Channel

Apabila kamera depan hanya dipasang di bagian depan, tidak demikian dengan dual channel. Kamera ini dipasang di bagian depan dan belakang mobil, sehingga bisa merekam dari berbagai arah.

Hal ini dapat memudahkan penyelidikan apabila suatu saat terjadi kecelakaan. Berdasarkan rekaman kamera dual channel, penyebab kecelakaan dapat diketahui dengan lebih mudah.

 

3 dari 3 halaman

3. Kamera Interior

Berbeda dengan kamera mobil yang menghadap ke bagian luar, kamera interior lebih berfokus pada gambar atau rekaman di dalam mobil. Kamera ini biasanya digunakan untuk merekam kursi penumpang atau interior kendaraan.

Hal ini sangat berguna apabila mobil digunakan untuk membawa keluarga yang memiliki anak kecil. Keberadaan kamera interior sangat membantu orang tua untuk mengawasi anak-anak yang duduk di bangku penumpang.

Selain itu, beberapa model kamera mobil menyertakan fitur GPS dan pelacak kecepatan, sehingga mobil bisa langsung dilacak apabila hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.