Sukses

Calon Skutik Tercanggih, Yamaha Cygnus Dilengkapi Dashcam?

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Cygnus X 125 tertangkap kamera saat sedang diuji coba di jalan raya. Bagian atas ditutupi dengan kamuflase, seperti sedang menutupi fitur anyar. Kabarnya fitur tersebut adalah dashcam atau kamera.

Jika ini benar, ia bisa menjadi skutik 125 cc paling canggih hingga saat ini. Tidak hanya di depan, ada kemungkinan kamera juga ditanamkan di bagian ekor. Kehadiran perekam drive menunjukkan bahwa skutik ini akan dilengkapi dengan konektivitas smartphone. Tujuannya untuk mentransfer rekaman yang ditangkap oleh drive recorder. Namun spyshot yang tersiar tidak cukup jelas, ada kemungkinan Yamaha menyediakan fitur itu untuk varian tertinggi.

Di balik komponen hebatnya, terdapat panel instrumen digital yang mirip kepunyaan Yamaha Lexi. Bentuknya persegi panjang dengan berwarna latar biru. Isinya seperti skutik pada umumnya, spidometer, odometer, trip meter, pengukur bahan bakar, jam dan takometer.

Tingkat kepraktisan Yamaha Cygnus X ada pada kapasitas bagasi yang besar. Bagasinya muat satu helm ditambah dengan beberapa item lain. Bagian dasbor mirip dengan Yamaha FreeGo di pasar Indonesia. Terdapat soket pengisian daya 12V, rumah kunci dan pengisian bahan bakar yang juga ada di depan.

 

2 dari 4 halaman

Bukan Pertama Kali

Ini bukan pertama kalinya penampakan Cygnus X 125. Pabrikan asal Jepang itu telah menguji skutik 125 cc ini berulang kali. Sebelumnya pernah tertangkap kamera dua bulan lalu. Namun saat itu hanya terlihat dari samping. Soal desain, ia mengusung bodi bongsor dengan bergaya sporty, mirip Yamaha FreeGo. Tapi lampu utamanya yang sekarang terbagi menjadi dua dan sudah berteknologi LED.

Lampu belakangnya terlihat unik, memiliki 3 unit LED terpisah. Satu di tengah adalah stoplamp, sedangkan dua di sisi ialah lampu stand by yang terintegrasi dengan sinyal belok. Ada pula pencahayaan yang diletakkan di atas plat nomor. Sementara rodanya masih sama dengan model sebelumnya, menggunakan ban berukuran 110/70-12 di depan dan 120/70-12 di belakang.

Seperti skutik kebanyakan yang dijual di Taiwan, ia menggunakan suspensi model teleskopik. Belakang pakai dua buah pegas alias dual shockbreaker. Uniknya untuk ukuran skutik di kelas 125 cc, Cygnus X sudah menggunakan pengereman cakram pada masing-masing roda.

 

3 dari 4 halaman

Mesin

Informasi mengenai spesifikasinya masih belum diketahui. Namun spekulasi yang beredar, Yamaha akan membuang mesin satu silinder 124 cc berpendingin udara yang dipasang dalam model saat ini. Ia menghasilkan daya maksimum 9,6 Tk pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,9 Nm pada 6.000 rpm. Yamaha Cygnus X 125 generasi baru kemungkinan menggunakan mesin silinder tunggal 124 cc yang sama dengan NMax versi Eropa. Jantung mekanis itu dapat menghembuskan tenaga sebesar 11,8 Hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 12 Nm pada 7.250 rpm.

Sayang Yamaha Cygnus X 125 hanya diproduksi dan dijual untuk pasar Taiwan. Belum ada kabar kalau akan diekspor ke negara lain. Soal harga, menurut laman Yamaha Motor Jepang, Yamaha Cygnus X 2020 dibanderol JPY 335.500 atau Rp 44,1 jutaan (Kurs JPY 1 = Rp 131). 

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: