Sukses

Selain Viar Q1, Ignasius Jonan Juga Beli Esemka Bima

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu mobil yang sering menjadi perbincangan di Indonesia tahun lalu, Esemka memang akhirnya diproduksi. Bahkan, peresmian pabrik mobil bermerek nasional yang terletak di Boyolali, Jawa Tengah ini dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

Meskipun sudah diproduksi secara lokal, namun mobil yang melambungkan nama pria yang akrab disapa Jokowi ini seperti masih susah dicari untuk dibeli. Bahkan, mobil pikap Esemka Bima yang menjadi model pertama yang diproduksi dan dijual ini kebanyakan dipinang oleh pihak pemerintahan.

Sebelumnya, sebanyak 35 unit Esemka Bima dibeli oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI, Yuyu Sutisna, S.E. Kemudian, Esemka Bima ini juga menjadi kendaraan operasional di lingkungan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (RI).

Setelah itu, seperti melanjutkan langkah Jokowi yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Solo, kini Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, juga memperkenal mobil Esemka sebagai kendaraan dinas Pemerintah Kota Semarang.

Nah, yang paling terbaru, ternyata Esemka Bima dibeli oleh mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Bahkan, pria yang sempat menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) ini memamerkan mobil pesaing merek Jepang dan Cina ini di Instagram, dan terparkir bersama dengan mobil mewah lain miliknya.

"Saya juga memiliki produk nasional mobil ESEMKA lho. Mendukung peningkatan nilai tambah di dalam negeri dan penciptaan lapangan kerja. #esemka @info_esemkaid #ignasiusjonan @ignasius.jonan #produknasional @jokowi," tulis Jonan sebagai caption dalam postingannya di akun instagram pribadinya @ignasius.jonan, dilihat Liputan6.com, Jumat (14/2/2020).

2 dari 2 halaman

Viar Q1

Selain Esemka dan mobil mewah, Jonan ternyata juga memiliki motor listrik Viar Q1. Motor ini dibeli dengan proses yang unik, yaitu ketika ia menjadi Direktur Utama PT KAI dan bertemu dengan salah satu stafnya. Saat ini, staf tersebut datang dengan menggunakan motor listrik besutan Viar dan Jonan langsung tertarik untuk mencobanya. Namun sayang, karena hujan, Jonan tidak dapat mencoba motor tersebut. Masih penasaran, Jonan pun kemudian menghubungi staf tersebut untuk bertemu kembali pada Sabtu malam, dan langsung mencobanya.

Tidak menunggu lama, Jonan langsung memutuskan untuk membeli satu unit motor Viar Q1 untuk diberikan kepada putrinya, Monica Jonan.

"Saya satu (beli) buat pribadi, boleh dong?" ujar Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta Pusat. "Sudah diantar ke rumah, baru nyoba di depan rumah dan komplek, karena belum ada STNK dan pelat nomornya," tambah Jonan beberapa waktu lalu.

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Konsumen Esemka Bima Didominasi Kalangan Pemerintahan