Sukses

Lampu Indikator Engine Check All New NMax Tiba-Tiba Menyala, Ini Cara Mengatasinya

Belakangan ini ramai di sosial media mengenai all new Yamaha NMax yang dianggap bermasalah. Pangkal permasalahannya adalah lampu indikator engine check yang tiba-tiba menyala

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini ramai di sosial media mengenai all new Yamaha NMax yang dianggap bermasalah. Pangkal permasalahannya adalah lampu indikator engine check yang tiba-tiba menyala. Padahal motor tersebut masih dalam kondisi baru, bahkan pelat nomor pun belum jadi.

Setelah dibawa ke bengkel resmi, alat diagnostic membaca terdapat problem pada crankshaft position sensor dengan kode P0335.

General Manager Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin menjelaskan, menyalanya lampu indikator diakibatkan oleh kebiasaan mematikan mesin menggunakan side stand atau standar samping.

"Saya sudah simulasikan kenapa error, ternyata saat mesin motor menyala dimatikannya tidak menggunakan main switch tapi menggunakan side stand. Ini kemudian diinformasikan ke ECU lalu engine warning light menyala karena mengira adanya malfunction," terang Abidin di Yamaha DDS Cempaka Putih, Senin (3/2/2020).

Sementara itu, Service Education YIMM Ridwan Arifin mengklaim, lampu check engine yang menyala pada kasus ini tidak menunjukkan adanya kerusakan komponen ataupun mempengaruhi kinerja mesin.

"Motor sebenarnya masih bisa menyala, bekerja seperti biasa. Masih bisa digunakan normal," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gratis

Dirinya menyarankan agar konsumen tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut dan segera membawa motor ke bengkel resmi untuk menghilangkan lampu yang menyala pada panel indikator tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, motor yang bermasalah tersebut akan dihubungkan dengan Yamaha Diagnostic Tool (YDT) untuk kemudian dihapus data error engine check. Waktu pengerjaannya pun singkat.

"Konsumen (yang mengalami permasalahan ini) bisa langsung datang ke bengkel dan tidak dipungut biaya. Gratis," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.