Sukses

Kawasaki Patenkan Teknologi Kendali Kecepatan dan Jarak Antar Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta Adaptive cruise control berbasis radar akan menjadi tren baru di dunia sepeda motor. Setidaknya tahun ini telah ada 3 pabrikan yang merencanakan kehadiran teknologi pengendali kecepatan dan jarak antar kendaraan, yaitu Ducati, KTM, dan Kawasaki.

Rencananya, mereka akan menggandeng perusahaan teknologi asal Jerman, Bosch. Namun, mengutip dari Bennetts.co.uk, belum lama ini Kawasaki telah mematenkan sistem baru untuk adapative cruise control yang menggunakan kamera.

Biasanya, pada mobil, adaptive curis control menggunakan radar untuk mendeteksi kendaraan lain di sekitarnya. Komponen inilah yang akhirnya memberi perintah ke mesin untuk menyesuaikan kecepatan.

Sebenarnya, penggunaan kamera untuk sistem adaptive cruise control bukanlah hal baru. Sebelumnya, Subaru telah menggunakan metode itu untuk teknologi tersebut. Pendekatan inilah yang akan diadopsi oleh Kawasaki.

2 dari 3 halaman

Memanfaatkan Kamera

Pemanfaatan kamera tak terlepas dari kelebihannya. Ketika dikawinkan dengan software yang tepat, perangkat ini dapat mengenali kendaraan beserta kecepatannya dengan lebih akurat.

Berdasarkan desain paten yang beredar, kamera untuk adaptive cruise control ini akan terletak di fairing depan, menyatu dengan lampu sein. Nampaknya akan menarik jika teknologi ini benar-benar hadir di motor suatu saat nanti.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Perawatan Mobil Konvensional Vs Mobil Listrik
Loading