Sukses

Ada Kloningan Yamaha Xabre di Tiongkok, Ini Penampakannya

Di China, salah satu pabrikan lokal bernama Shengsi Qidian merilis naked-bike 150 baru dengan desain mirip Yamaha Xabre. Mengutip dari Newmotor.com.cn, motor ini bernama King Kong KD150-U.

Liputan6.com, Jakarta - Di China, salah satu pabrikan lokal bernama Shengsi Qidian merilis naked-bike 150 baru dengan desain mirip Yamaha Xabre. Mengutip dari Newmotor.com.cn, motor ini bernama King Kong KD150-U.

Di China, King Kong KD150-U dijual dengan harga CNY13.800 atau Rp27,6 jutaan. Nominal tersebut jelas lebih murah dari Yamaha MT-15 yang dibanderol Rp30,7 juta (Kurs CNY1 = Rp2.001).

Sebenarnya, bisa dibilang bahwa King Kong KD150-U bukanlah kloningan atau tidak kembar identik dengan Yamaha Xabre. Pasalnya, terdapat beberapa komponen yang desainnya jauh berbeda.

Tengok saja sektor depannya, King Kong KD150-U memiliki sepasang LED DRL dan dual-LED headlight bertumpuk ala Suzuki Satria di tengahnya. Bentuk spakbornya pun berbeda dengan aksen lubang di bagian samping.

Geser ke tengah, tangki King Kong KD150-U dibuat lebih menjulang dengan shroud yang ramai tekukan. Di bawahnya, terpasang body yang tersambung sampai under-cowl atau cover mesin.

Body samping dan jok split-seat King Kong KD150-U juga tampak jauh lebih agresif dibanding Yamaha Xabre. Selain itu, tak ada spakbor belakang dan fungsinya digantikan oleh mud-guard.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaki-Kaki Juga Mirip Xabre

Meski demikian, secara keseluruhan, siluet body King Kong KD150-U itu memang tampak mirip dengan Yamaha Xabre. Pasalnya, naked-bike ini memang mengusung konsep streetfighter yang gahar dan agresif.

Untuk urusan performa, King Kong KD150-U mengandalkan mesin 1-silinder 149 cc liquid-cooled. Dapur pacu bertenaga 17,5 hp dan torsi 16 Nm ini dikawinkan dengan knalpot under-belly. Selain itu, motor ini juga telah menggunakan teknologi keyless.

Sektor kaki-kaki King Kong KD150-U juga tampak mirip dengan Yamaha Xabre. Sektor depannya dibekali suspensi upside-down yang dipadu ban 110/70-17.

Sementara itu, bagian belakangnya ditopang monoshock dan ban 130/70-17. Menariknya, swingarm King Kong KD150-U ini juga berbentuk banana atau melengkung, namun dengan rangka di bagian luarnya.

Berbeda dengan Yamaha Xabre, masing-masing disc-brake di kedua roda King Kong KD150-U ini telah dikawal sistem pengereman ABS keluaran produsen Jerman, Bosch.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini