Sukses

Musim Hujan Tiba, Awas Mika Lampu Mobil Cepat Kusam

Bagi pemilik mobil ada juga yang harus diperhatikan saat musim hujan, yaitu mika lampu yang cenderung berisiko menguning atau kusam saat musim hujan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengendara mobil atau motor, saat musim hujan harus memperhatikan kondisi kendaraan lebih ekstra dibanding musim panas. Misalnya, roda dua atau roda empat kesayangan akan lebih sering dicuci setelah digunakan dan terkena air hujan, untuk menghindari karat atau kotoran yang menumpuk.

Selain itu, bagi pemilik mobil ada juga yang harus diperhatikan saat musim hujan, yaitu mika lampu yang cenderung berisiko menguning atau kusam saat musim hujan.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, penyebab mika lampu menjadi kusam atau menguning itu pada umumnya karena air yang dibiarkan menempel, dan akhirnya berubah menjadi bercak jamur.

Bercak jamur yang menjadi penyebab awal mika lampu jadi kusam ini, asalnya dari campuran air hujan yang sudah mengering karena adanya proses penguapan.

Ingat, mika lampu adalah salah satu bagian yang cukup panas saat mobil dipakai, sehingga air hujan akan menjadi lebih cepat mengering karena proses penguapan.

Sebenarnya pada mika lampu mobil biasanya sudah ada lapisan coating khusus untuk proteksi dari panas dan cuaca. Tapi, bercak yang muncul di permukaan mika lampu jika dibiarkan bisa menyerap ke dalam lapisan coating tersebut.

Dalam jumlah banyak, bercak inilah yang kemudian menyebabkan mika lampu jadi kusam dan menguning karena terpanggang oleh panas lampu atau cuaca (sinar matahari).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Solusinya?

Saat ini sudah cukup banyak jasa pembersihan mika lampu yang membuka jasanya di pusat-pusat onderdil kendaraan bermotor.

Nah, Anda bisa menggunakan jasa ini untuk membuat mika lampu cerah kembali. Membersihkan mika lampu tentu akan jauh lebih murah ketimbang harus membeli yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.