Sukses

Persaingan Renault Triber dan Daihatsu Sigra, Siapa yang Unggul?

Renault Triber resmi memiliki harga. Besarannya tidak jauh berbeda dari taksiran awal. Menariknya harga mobil tujuh penumpang ini bersinggungan langsung dengan Daihatsu Sigra.

Liputan6.com, Jakarta Renault Triber resmi memiliki harga. Besarannya tidak jauh berbeda dari taksiran awal. Menariknya harga mobil tujuh penumpang ini bersinggungan langsung dengan Daihatsu Sigra.

Varian paling terjangkau Renault Triber RXE, dibanderol Rp133 juta (OTR Jakarta). Banderol segitu menempel Daihatsu Sigra tipe D yang disodorkan senilai Rp114 juta. Cukup jauh memang, tapi sama-sama varian paling terjangkau. Apakah fitur-fiturnya seimbang?

Keduanya sama-sama dilengkapi perangkat yang terkesan seadanya. Penampilan eksterior, misalnya, tak ada yang istimewa. Daihatsu Sigra Tipe D mengusung pelek kaleng 13 inci yang tak ditutupi. Motif yang sama juga diberikan pada bingkai roda Renault Triber RXE, tapi ukurannya sedikit lebih besar, 14 inci. Perbedaan ini membuat mobil besutan produsen otomotif asal Prancis unggul, lantaran ground clearance-nya lebih tinggi.

Urusan hiburan, Daihatsu Sigra termurah bisa diandalkan. Ia sudah dibekali head unit berspesifikasi 1-DIN dengan konektor USB dan AUX. Ini didukung dua speaker di depan.

Renault Triber cukup mengejutkan karena tidak memiliki fitur itu. Ini tentu menjadi kekurangan yang cukup mengecewakan. Penggunanya harus mengandalkan hiburan lain, seperti menyalakan musik lewat smartphone. Tapi itu bukanlah hal yang praktis dan membahayakan. Power socket untuk mengisi daya gawai komunikasi elektronik juga tak disediakan. Sementara Sigra punya di konsol tengah pada baris depan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Keselamatan

Penumpang dipastikan kenyamanannya berkat adanya AC (Air Conditioner). Keduanya cuma memiliki lubang ventilasi di baris depan. Tak ada yang meneruskan udara dingin ke belakang, baik itu double blower maupun ventilator.

Fungsinya juga beda tipis. Jok baris keduanya yang berkonfigurasi 60:40 bisa dilipat dengan one touch tumble. Ia juga dapat digeser ke depan atau belakang untuk memberikan ruang, sekaligus fitur reclining. Walau begitu, Renault Triber unggul di baris ketiganya. Bangku mampu dilepas sepenuhnya, untuk menciptakan bagasi yang lebih besar. Jadi barang yang dimuat bisa lebih banyak.

Fitur keselamatan lebih mumpuni Renault Triber. Bagaimana tidak, sistem pengeremannya sudah diperkuat Anti-Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Ada pula sensor parkir di belakang. Sedangkan Daihatsu Sigra tipe D tak punya sama sekali, cuma mengandalkan cakram di depan untuk mengperlambat laju dan spion untuk parkir mundur.

Kantung udara sebagai fitur pendukung keselamatan pengguna jika terjadi insiden, pun absen pada Sigra. Beda dengan Triber termurah yang memasangnya, meski untuk pengemudi dan penumpang depan saja.

Terakhir jangan harap menemukan immobilizer pada kedua mobil. Fitur yang mencegah tindak pencurian itu tak disematkan masing-masing pabrikan pada varian paling terjangkau.

 

3 dari 3 halaman

Pilih Apa?

Melihat poin-poin di atas, memang cukup sulit untuk memilihnya. Dengan selisih harga mencapai Rp19 juta, masing-masing punya keunggulan dan kekurangan. Namun, dapat dikatakan Renault Triber varian RXE bisa menjadi pilihan aman. Meski mengeluarkan dana lebih banyak, tapi kenyamanan berkendaranya mumpuni. Soalnya, fitur keselamatannya lebih mantap. Walau memang, penumpang harus mengandalkan smartphone yang dihubungkan ke power bank. Atau menambah sendiri peranti audio, karena tak tersedianya head unit.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.