Sukses

KTM Siap Datangkan 300 EXC TPi Erzberg Rodeo ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - KTM berencana mendatangkan KTM 300 EXC TPi Erzberg Rodeo di IIMS Motobike Expo 2019. Motor edisi terbatas tersebut dilengkapi Power Parts kit dan grafis unik, untuk memperingati ulang tahun perak perlombaan enduro yang terkenal.

Menurut Fitri Rahmadani, Public Relation PT Premium Motorindo Abadi, APM Husqvarna dan KTM di Indonesia, KTM 300 EXC TPi Erzberg Rodeo ini diproduksi hanya 200 unit di dunia. Indonesia mendapat jatah 20 unit. Sebelum resmi dipamerkan di Tanah Air, motor berkapasitas 300 cc ini sudah terpesan 17 unit. Sisanya, tinggal menunggu di ajang pameran khusus motor yang dihelat 29 November-1 Desember 2019. Harganya, ditaksir mencapai Rp 200 juta off the road Jakarta.

Dari tampilan, motor ini punya ciri khas dari warnanya. Rangka warna jingga sebagai identitas KTM, warna cokelat berlatar putih, dan hitam di beberapa bagian. Tulisan XX5 di bodinya, menandakan perayaan gelaran Erzberg Rodeo, ke-25. Balapan ini dikenal sebagai salah satu balapan enduro ekstrim yang ada di dunia. Dihelat pada Mei atau Juni. Lokasinya berada di Erzberg, Austria, sebuah kawasan penambangan bijih logam terbanyak di Benua Eropa.

KTM membuat hanya satu varian, itupun mengandalkan mesin 2-tak. Jantung pacunya satu silinder 293,2 cc dengan dimensi piston 72 mm x stroke 72 mm. Menggunakan transmisi manual 6-percepatan racikan Pankl Racing Systems. Dengan konfigurasi katup unik, memberikan karakteristik mesin yang halus dan dapat dikendalikan. Tata tata letak knalpot juga diperhitungkan, demi meningkatkan kinerja mesin. Sayang, KTM tidak membocorkan tenaga maupun torsinya.

 

2 dari 3 halaman

Radiator Terbaru

Pakai radiator terbaru, dipasang 12 mm lebih rendah dari 300 model EXC sebelumnya. Model khusus ini dilengkapi kipas radiator dan tabung water coolant besar. Jadi, jika terjadi panas berlebih, cairan pendingin yang tertampung bakal dikumpulkan dan dikembalikan ke radiator ketika sistem kembali dingin. Alat pendingin itu juga diberi perlindungan khusus di setiap sisinya. Berfungsi mencegah benturan batu dan cipratan lumpur. Cover mesinnya diproduksi menggunakan proses casting bertekanan tinggi. Tujuannya membantu mengurangi bobot motor, sekaligus durabilitas yang baik.

Semua model EXC memakai kerangka baja chromoly terbaru tipe double cradle. Dimensinya tinggi, namun ringan dan kokoh. Ia punya ground clereance 370 mm dan tinggi tempat duduk 960 mm. Karena dipersenjatai mesin 2-tak, menjaga bobot motor adalah kuncinya. Sayang, tidak ada info mengenai berat keseluruhan. Tapi, KTM mengklaim ini salah satu motor enduro paling ringan, tertipis dan paling gesit di kelasnya. Untuk menunjang kenyamanan saat dikendarai, desain footpeg 'No-Dirt' dibuat bergerigi, demi mencegah penumpukan kotoran. Selain itu, motor ini memiliki desain lampu ekor baru. Sangat cocok dengan bentuk sepatbor belakang, juga disediakan plat nomor.

 

3 dari 3 halaman

Peredam Kejut

Peredam kejut motor baru KTM ini pakai tipe upside down dari WP XPLOR berdiameter 48 mm. Setiap sisi memiliki fungsi redaman yang berbeda. Redaman kompresi di sebelah kiri, dan rebound di sebelah kanan. Keduanya mudah disesuaikan, ada 30 klik masing-masing. Dikembangkan oleh WP dan KTM. Belakang mengenakan WP XPLOR shock absorber, yang terhubung langsung ke swingarm tanpa sistem hubungan tambahan. Pengereman mengandalkan merek Brembo dipadukan dengan cakram rem gelombang. Depan dengan kaliper 2 piston, belakang 1 piston. Keduanya juga diberikan tambahan pelindung.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Baru Meluncur, Pesanan Toyota Raize Meroket
Artikel Selanjutnya
Sosok 4 Aston Martin dalam James Bond 007: No Time to Die