Sukses

Tips Berkendara Aman Saat Hujan untuk Pengendara Motor

Liputan6.com, Jakarta - Musim penghujan telah memasuki sebagian besar wilayah di Indonesia. Kondisi ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara motor. Guyuran air hujan yang membasahi jalan maupun pengendara, hingga mengakibatkan genangan air dan banjir, tentunya dapat membahayakan pengguna roda dua.

Apabila tidak berada dalam kondisi mendesak, ada baiknya untuk menghindari penggunaan motor saat hujan turun. Namun, apabila diharuskan untuk berkendara saat hujan, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar pengguna motor tetap aman.

Dilansir Federal Oil, berikut beberapa cara berkendara aman saat hujan untuk pengguna motor.

1. Kondisi fisik prima

Berkendara menggunakan motor saat hujan membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Hujan dapat membuat tubuh kedinginan sehingga mengganggu fisik pengendara. Apabila sedang tidak fit, maka kemampuan berkendara akan semakin menurun dan berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

2. Jangan tergesa-gesa

Saat hujan turun, pengendara cenderung melaju lebih cepat untuk menghindari air hujan atau mencari tempat berteduh. Berkendara dengan kecepatan tinggi saat hujan tentunya berbahaya, dikarenakan pandangan yang terganggu dan jalanan yang lebih licin.

3. Memakai jas hujan

Jas hujan dapat melindungi tubuh dari basah akibat air hujan yang dapat mengganggu pengendara. Ada baiknya, gunakan jas hujan yang tidak menghambat gerakan dan menutupi seluruh tubuh.

2 dari 2 halaman

4. Memakai sepatu boot

Sepatu boot dapat digunakan untuk melindungi kaki. Genangan air akibat hujan dapat membuat kaki kedinginan. Sepatu boot yang berbahan plastik dapat melindungi kaki dari rendaman air.

5. Kondisi ban prima

Saat hujan, motor akan berhadapan dengan jalan yang licin. Karena itu, pastikan ban dalam kondisi baik sehingga mampu mencengkeram jalan dan menghindari potensi tergelincir.

6. Kondisi rem bagus

Kondisi jalanan yang licin tentunya membutuhkan rem yang prima. Rem dengan kanvas terawat dan berfungsi dengan normal dapat mengurangi potensi kecelakaan akibat tergelincir.

7. Lampu-lampu menyala

Hujan dapat membuat pandangan menjadi terbatas. Karena itu, nyalakan lampu agar pengguna jalan lain dapat mengetahui keberadaan pengendara motor. Pastikan lampu utama, lampu rem, hingga lampu sein memiliki kondisi yang baik.

8. Waspada genangan air

Genangan air dapat menutupi kedalaman lubang di jalanan. Hal ini tentunya berbahaya dikarenakan dapat membuat pengendara motor terperosok. Karena itu, upayakan untuk menghindari genangan air saat sedang berkendara menggunakan motor.

Penulis: Khema Aryaputra

Loading
Artikel Selanjutnya
Musim Hujan, Perlukah Ganti Ban Baru Biar Lebih Aman?
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Cegah Pencuri Motor Beraksi