Sukses

Menguji Volkswagen Tiguan Rakitan Cikampek, Sesuai Ekpektasi?

Resmi memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, VW Tiguan Allspace yang dijual saat ini merupakan rakitan lokal. Seperti namanya, Allspace memberikan kesan keleluasaan kabin. Hal ini diperlihatkan dengan penambahan kapasitas penumpang, yaitu 7 penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Resmi memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, Volkswagen Tiguan Allspace yang dijual saat ini merupakan rakitan lokal. Seperti namanya, Allspace memberikan kesan keleluasaan kabin. Hal ini diperlihatkan dengan penambahan kapasitas penumpang, yaitu 7 penumpang.

Memberi kesempatan kepada media dan konsumen untuk mencoba mobil terbarunya tersebut, PT Garuda Mataram Motor (GMM) menghadirkan unit test drive di Senayan, 9-10 November lalu.

Meski hanya dalam waktu singkat, Liputan6.com mendapat kesempatan mengendarai SUV rakitan Cikampek ini.

Saat masuk ke dalam interior, kesan mewah mampu ditampilkan mobil pabrikan Jerman ini. Menggunakan material jok kulit, tempat duduk pengemudi bisa diatur secara elektrik. Pengaturan yang dilakukan juga bisa disimpan apabila sudah sesuai keinginan pemilik kendaraan.

Tak hanya jok, bagian setir juga sudah disematkan material kulit. Bagian setir juga tersedia beberapa tombol untuk memudahkan pengemudi melakukan pengaturan volume musik dan menerima panggilan ponsel.

Dengan beragam fitur kecil yang diperhatikan, pengemudi sangat nyaman saat harus mengendarai mobil di jalan.

Menggunakan mesin 1.4 liter TSI turbo, tenaga yang mampu dihasilkan Volkswagen Tiguan Allspace mencapai 150 Tk pada 5.000-6.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.500-3.500 rpm karena dikombinasikan dengan sistem transmisi dual clutch 6-percepatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Empat Mode Berkendara

Saat mulai berjalan, torsi bawah mobil ini cukup baik. Terdapat empat mode berkendara, yakni normal, comfortable, sporty, individual, dan eco style. Saat menggunakan mode normal, pengemudi sudah cukup merasa bertenaga dan cocok digunakan di jalan Jakarta yang cukup padat.

Meski demikian, saat menggunakan mode sport, mobil ini tentu lebih agresif dan menyesuaikan putaran mesin sesuai keinginan pengemudi. Saat melakukan tes sejauh 2 kilometer, VW Tiguan Allspace dinilai cukup responsif dan nyaman.

Terdapat juga kamera disekeliling mobil yang mampu membantu pengemudi saat hendak memarkirkan kendaraannya. Pengemudi juga bisa melihat satu posisi yang diinginkan, seperti bagian belakang, depan dan samping.

 

3 dari 3 halaman

Menjadi Penumpang

Mencoba menjadi penumpang, bagian tengah mobil disematkan meja portable yang bisa digunakan untuk dudukan laptop dan air minum.

Walau disebut sebagai kendaraan 7 penumpang, baris ketiga mobil tidak cukup nyaman digunakan oleh orang dewasa. Cukup sempit, headroom baris ketiga juga tak leluasa. Mobil ini lebih cocok menyandang sebutan konfigurasi jok 5 + 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.