Sukses

Ratusan Bus Listrik MAB Siap Beroperasi Tahun Depan

Setelah melakukan uji coba sebagai armada Transjakarta, bus listrik buatan lokal, yaitu PT Mobil Anak Bangsa (MAB) mengaku sedang menyiapkan puluhan armada untuk digunakan sebagai armada angkutan umum.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan untuk mengurangi polusi dan menghemat penggunaan bahan bakar fosil.

Setelah melakukan uji coba sebagai armada Transjakarta, bus listrik lokal garapan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) mengaku sedang menyiapkan puluhan armada untuk digunakan sebagai armada angkutan umum.

"30 unit sedang kita kerjakan," kata Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, di sela acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Selain itu, perusahaan bus listrik besutannya tersebut juga telah menerima pesananan dari Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) sebanyak 130 unit.

"Tahun 2020 dari PPD sudah minta 130 unit. Garuda juga minta. Lalu beberapa perusahaan juga minta," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bus yang Diuji Coba

Bus listrik yang diuji coba merupakan seri MD12-E dengan kapasitas 30 tempat duduk. Seri ini merupakan kelas premium dengan tempat duduk yang empuk dan nyaman, lengkap dengan sabuk pengaman setiap kursinya.

Tak hanya itu, bus ini juga telah dilengkapi dengan pegangan tangan untuk penumpang yang berdiri.

Ruangan di dalam bus pun tergolong luas. Bus dengan panjang 12 meter ini terdiri dari dua dek. Dek depan terdapat 7 tempat duduk berhadap-hadapan, sisanya kursi di dek atas dengan konfigurasi seat 2 - 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.