Sukses

Punya Uang Rp150 Juta, Pilih Daihatsu Sigra Baru atau Daihatsu Xenia 2018?

Liputan6.com, Jakarta Untuk memenuhi mobilitas 7 orang penumpang, sudah pasti MPV jadi pilihan. Masalahnya harus memilih model baru atau cukup yang lawas. Antara Daihatsu Sigra Baru atau Daihatsu Xenia 2018?

Ya, dua pilihan yang disajikan ini relatif ramah di kantong dengan fitur yang bisa disejajarkan. Yang pertama, Daihatsu Sigra R bertransmisi otomatis. Pilihan kedua, Xenia bekas tipe R otomatis (AT) keluaran 2018.

Dimensi

Mari kita bandingkan ukuran dulu. Daihatsu Sigra punya panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Jarak sumbu roda 2.525 mm. Termasuk LCGC keluarga paling lapang, selain saudaranya, Toyota Calya. Dengan konfigurasi 7-seater (model 5+2), bobot kendaraan hanya 990 kg. Jarak tinggi dari tanah 180 mm. Sigra jadi pertimbangan menarik, yang mengakomodasi kebutuhan keluarga muda.

Dibanding Daihatsu Xenia, ia punya dimensi panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase 2.655 mm. Sama-sama berkonfigurasi tujuh penumpang, namun kabin lebih lapang. Bobot mobil 1.425 kg. Lalu ground clearance Xenia mencapai 200 mm. Saat Anda jalan bersama keluarga, baris pertama dan kedua, bisa dipakai penumpang. Sedangkan bangku pada baris ketiga bisa dilipat. Dan Xenia lebih ergonomis.

2 dari 4 halaman

Fitur Unggulan

Walau harganya murah, fitur keselamatan Daihatsu Sigra terbilang cukup. Terpasang dual SRS airbag (mulai dari tipe X), front seat with pretensioner & force limiter dan sistem pengereman ABS (pada AT). Sudah dilengkapi immobilizer dengan integrated remote key. Dan terdapat sensor parkir. Bahkan tipe R Deluxe ditambahkan lagi sensor parkir sudut depan, semakin memudahkan kala parkir di tempat sempit.

Sementara pada Daihatsu Xenia, belum terpasang pengereman ABS lantaran demi keterjangkauan harga. Namun sudah dibekali fitur antimaling dan immobilizer. Keduanya nyaris berimbang.

Head Unit dan Meter Cluster

Mobil LGCG Daihatsu Sigra punya head unit 2DIN (tanpa layar sentuh) dan memiliki fitur lumayan untuk kebutuhan standar. Selain itu, ia memiliki Multi Information Display (MID) dengan beragam fungsi. Misal konsumsi BBM rata-rata, range meter, trip meter, indikator bensin dan jam. Adanya Eco Indicator sangat membantu pengemudi untuk menjaga putaran mesin di titik efisiensi paling optimal.

Daihatsu Xenia memakai headunit audio 2-DIN dengan kemampuan memutar DVD/CD/MP3 dengan tambahan fungsi navigasi GPS (Global Positioning System) dan konektivitas USB. Sistem audio layar sentuh ini, pun dapat menampilkan visual yang ditangkap oleh kamera parkir. Meter clusternya pun lengkap, termasuk ECO indicator. Anda bisa memandingkan senidiri, mana yang lebih unggul.

 

3 dari 4 halaman

Jantung Pacu dan Transmisi

Sigra R AT memakai mesin berkapasitas 1,2 liter 3NR-VE DOHC Dual VVT-i. Unit power punya 4 silinder dan 16 katup. Menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm. Kemudian dorongan torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm. Ia menggunakan tipe penyemprotan bahan bakar injeksi (EFI). Mesin diklaim irit, sesuai aturan LCGC. Efisiensi mobil sekitar 20 kpl. Pilihan transmisinya matik 4-speed. Tapi sebaiknya Anda jangan berharap respons tangkas kala berakselerasi.

Kalau Xenia R, pakai mesin bensin 1,3 liter yang sama dengan Toyota Avanza. Unit power berkode 1NR-VE ini pakai 4 silinder Dual VVT-I. Mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 PS pada 6.000 rpm. Lalu torsi maksimum 120 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga disalurkan pada roda belakang pakai transmisi otomatis 4-speed. Melihat angka ini, maka besaran tenaganya jauh lebih unggul dibanding Sigra baru.

4 dari 4 halaman

Simpulan

Itu semua hanya sekadar pembanding poin besarnya. Dari data itu, bisa ditarik simpulan, Daihatsu Xenia bekas tetap menjadi pilihan pertama. Toh tahun pembuatannya tergolong muda. Usia setahun, seharusnya mesin masih sangat sehat. Sedangkan Daihatsu Sigra menjadi pilihan kedua. Dari segi kapabilitas dan daya angkut, Sigra memang diposisikan di bawah Xenia.

Namun ia tetap logis menjadi pilihan keluarga muda, untuk akomodasi harian. Bahkan diajak jalan jauh. Rasa anyar alias gres pastilah ada kepuasan batin tersendiri, kala Anda membeli Sigra. Namun di segmen ini, baiknya tak usah membicarakan gengsi sebuah mobil.

Yang terpenting, Daihatsu memiliki 244 diler di penjuru Tanah Air. Kehadiran jaringan pemasaran dan layanan seharusnya memudahkan konsumen. Baik saat membeli maupun melakukan servis mobil. Ini berkaitan pula dengan kemudahan Anda mendapatkan jaminan dan ketersediaaan suku cadang.

Sumber: oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Fitur EBD pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Facelift
Artikel Selanjutnya
Transmisi Masih Impor, Komponen Lokal Daihatsu Sigra Tertahan di 94 Persen