Sukses

Jokowi Imbau Masyarakat Bersiap Gunakan Bahan Bakar B30

Menjadi agenda rutin tahunan kenegaraan menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2019, Jumat (16/8/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi agenda rutin tahunan kenegaraan menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2019, Jumat (16/8/2019).

Dalam pidato, Jokowi memaparkan pencapaian serta kinerja lembaga negara sepanjang tahun 2018-2019, tak terkecuali dorongan untuk industri otomotif.

Tak hanya mobil listrik yang menjadi sorotan, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengimbau masyarakat untuk bersiap menggunakan bahan bakar biodiesel B30.

"Kita sudah mulai dengan program B20, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30 persen biodiesel," kata Jokowi di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan ke depannya Indonesia bisa menggunakan 100 persen biodiesel. "Tapi kita bisa lebih dari itu kita bisa membuat B100," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Avtur Berbahan Sawit

Saat ini Indonesia tak lagi melakukan impor avtur untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Meski demikian, Jokowi mangaku ingin terus melakukan inovasi, termasuk menggunakan sawit untuk memproduksi avtur.

"Kita sudah memproduksi sendiri avtur hingga tidak impor avtur lagi. Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa ekspor avtur, kita juga ingin produksi avtur berbahan sawit," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.