Sukses

Keren, DeLorean DMC-12 Disulap Jadi Mainan Remote Control

Liputan6.com, Amsterdam - DeLorean DMC-12 dengan segala fitur futuristisnya mengalami kegagalan penjualan ketika diluncurkan pada tahun 1981.

Bahkan antara tahun 1981 sampai 1983 jumlah mobil yang terjual tidak menyentuh angka 9000 unit. Akibatnya, DeLorean Motor Company dinyatakan bangkrut pada tahun 1982.

Kondisi ini berubah saat mobil ini digunakan dalam film fiksi ilmiah  "Back to The Future" yang rilis pada tahun 1995. Hingga saat ini DeLorean DMC-12 dikenal sebagai salah satu mobil paling ikonik sepanjang masa. Banyak mobil DeLorean DMC-12 yang dimodikasi semirip mungkin dengan tampilannya dalam film "Back to The Future". Namun, ada yang berbeda dengan replika yang satu ini.

Dilansir Carbuzz.com, seorang teknisi komputer asal Belanda yang bernama Bjorn Harm membuat satu-satunya replika DeLorean DMC-12 "Back to The Future" yang dapat dikendalikan dengan remote control setelah sebelumnya ia pernah memodifikasi mobil Corvette dengan fitur yang sama beberapa tahun lalu.

Proses pembuatannya sendiri memakan waktu yang tidak sebentar. Harm membutuhkan 6 bulan untuk proses pembuatan dan 3 bulan untuk memastikan keamanannya. Salah satunya fitur keamanannya adalah ketika remote control dimatikan akan mengaktifkan sistem failsafe yang membuat mobil mengerem dan berhenti sepenuhnya.

 

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Mobil modifikasi ini menggunakan mesin seperti DeLorean orisinilnya dengan 2,8 L V6. Hanya saja kecepatan puncaknya dibatasi menjadi 160 km/jam dengan berat keseluruhan 1,5 ton. Sistem kemudinya pun diubah melalui penggantian komponen orisinil dengan sistem power steering dari Opel Corsa.

Yang mengejutkan, di Belanda tempat Bjorn tinggal mobil ini legal untuk dikendarai di jalan raya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: