Sukses

Puluhan RIbu Toyota Rush Kena Recall, Ini Tanggapan Komunitas

LSUV andalan PT Toyota Astra Motor (TAM), yaitu all new Toyota Rush harus ditarik dari pemiliknya (recall) untuk diganti ECU airbag-nya. Hal tersebut dilakukan karena ada potensi curtain airbag mengembang secara tak sengaja.

Liputan6.com, Jakarta - LSUV andalan PT Toyota Astra Motor (TAM), yaitu all new Toyota Rush harus ditarik dari pemiliknya (recall) untuk diganti ECU airbag-nya. Hal tersebut dilakukan karena ada potensi curtain airbag mengembang secara tak sengaja, akibat pengaturan program yang kurang sesuai.

Penggantian ECU airbag ini diinisiasi secara global oleh Toyota Motor Corp (TMC) terhadap seluruh distributor Toyota di dunia, termasuk Toyota Indonesia. All new Toyota Rush yang terkena adalah produksi Desember 2017-Februari 2019.

Inisiatif ini kontan menjadi perhatian, tentu saja dari komunitas mobil terkait, tepatnya Terios Rush Club Indonesia (TeRuCi).

Salah seorang pengurus pusat TeRuCi yang enggan disebut namanya mengaku terkejut mendengar kabar recall all new Toyota Rush di Indonesia. Apalagi ini terkait fitur keamanan atau safety seperti airbags.

"Bagaimana ceritanya kok bisa recall, sebab all new Rush mobil baru di sini, belum ada dua tahun pula. Yang kena ftur safety lagi. Semoga fitur safety lainnya tidak kena," ungkapnya pada Merdeka.com, Senin (15/7) malam.

Sepengetahuan dirinya, hingga kini pihak PT Toyota-Astra Motor belum ada komunikasi atau menginformasikan perihal penggantian ECU airbag ini pada komunitas TeRuCi.

"Belum ada info resmi kepada TeRuCi," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Dipungut Biaya

Namun demikian, dia mengimbau kepada anggota TeRuCi yang mobilnya masuk dalam recall ini segera pergi ke bengkel Toyota terdekat. Apalagi tidak dipungut biaya alias gratis.

"Kami imbau anggota TeRuci yang mungkin terkena segera ke bengkel. Saran saja kepada Toyota, berikan insentif kepada pemilik Rush yang harus ke bengkel akibat terkena recall ini.Mudah-mudahan masalah airbag ini tidak merembet ke fitur safety lainnya," pungkas dia.

TeRuCI merupakan komunitas pencinta otomotif pengguna kendaraan Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang terbentuk pada 8 September 2007 di Jakarta. Sampai saat ini telah memiliki 2.900 Premium Member di seluruh Indonesia.

Toyota Indonesia sendiri sudah meminta kepada pemilik all new Rush untuk segera ke bengkel resmi Toyota terdekat di seluruh Indonesia. Penggantian ECU airbag ini tanpa biaya/gratis.Pengerjaan pengecekan dan penggantian ECU airbag Rush ini hanya berdurasi sekitar 30 menit. 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.