Sukses

Menerka Kejutan Honda di GIIAS 2019

Liputan6.com, Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Honda Prospect Motor (HPM) tak pernah melewatkan kesempatan untuk mejeng di GIIAS. Di tahun ini pun HPM dipastikan akan mengikuti pameran otomotif tersebut.

Meski belum diungkap jelas, besar kemungkinan segmen sedan yang melantai sebagai produk anyar. Indikasinya datang dari sejumlah foto di sosial media, Honda Accord generasi anyar sudah sampai di Indonesia.

Pekan lalu, saat konferensi pers GIIAS 2019, Yulian Karfili, Assistant Manager Public Relation Departement HPM menyebut ada model baru yang bakal jadi sorotan. Sayang memang tak disebutkan, bahkan tak dibeberkan bocoran sedikitpun, mobil apa yang bakal diluncurkan Honda pada GIIAS 2019. Itu memicu pertanyaan dan prediksi, apa mobil baru Honda di GIIAS 2019?

Indikasi lain, Honda Accord segera meluncur datang dari negeri seberang. Di Thailand, Accord terbaru sudah resmi mengaspal medio Maret lalu. Generasi ke-10 sedan medium kebanggaan pabrikan berlogo huruf H itu, mendapat mesin dan kelengkapan baru. Kalau sudah ada di Thailand, besar kemungkinan masuk Indonesia.

Honda Accord baru di Thailand tak lagi menggendong mesin 2,0 liter dan 2,4 liter naturally aspirated (NA). Sebagai jantung mekanis baru, Accord memakai VTEC turbo, 1,5 liter seperti yang sudah dipakai Civic dan CR-V. Selain itu, ada pilihan mesin 2,0 liter NA dengan bantuan ekstra dari dua motor elektrik, menjadikan Accord sebagai sedan hybrid.

 

2 dari 3 halaman

Pilihan Mesin

Untuk pilihan mesin 1,5 liter turbo, menyemburkan tenaga 190 PS dan torsi maksimal 243 Nm tersedia pada rentang 1.500 - 5.500 rpm. Melihat angka performa, lebih mirip mesin yang dipakai CR-V ketimbang Civic turbo. Sementara untuk Accord hybrid, punya daya 145 Tk dan torsi 174 Nm dari mesin 2,0 liter NA, ditambah 184 hp dan 315 Nm produksi motor elektrik. Kombinasi keduanya menawarkan tenaga 215 Tk untuk Accord hybrid. Penyalur daya, masih mengandalkan transmisi otomatis CVT khas Honda.

Desain dan dimensi Accord baru, berbeda dengan generasi yang ada saat ini. Dimensinya lebih pendek dan lebar, tapi jarak poros roda bertambah. Ukuran panjang 4.920 mm, lebar 1.860 mm dan jarak sumbu roda 2.830 mm (lebih panjang 55 mm dari sebelumnya). Sedang bagian atap dan pusat gravitasi juga dibikin lebih rendah.

 

3 dari 3 halaman

Produk Lainnya

Selain sedan Honda Accord terbaru, belum ada lagi bocoran produk baru pada GIIAS 2019. Sempat berharap penyegaran generasi dari Honda Mobilio atau BR-V sekaligus. Namun rasanya HPM masih perlu waktu menyiapkan kedua produk andalan baru dengan kabin 7-seater itu. Bagaimana dengan Jazz anyar? Itu masih lebih jauh lagi, karena di luar juga belum meluncur.

Paling tidak, ada mobil konsep lain yang bisa dilihat pada booth Honda. Tak salah berharap, konsep dari WR-V, XR-V, Jazz, BR-V atau Mobilio baru muncul di sana, sebelum diwujudkan produksinya tahun depan. HPM juga menjanjikan pamer teknologi terdepan pada GIIAS 2019. Mungkin juga lantai GIIAS 2019 bakal diisi mobil listrik Honda e yang tengah ramai jadi perbincangan di global. Apa pun produknya, pasti diungkap pada pembukaan GIIAS, 18 Juli 2019.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Kekurangan Jasa Cuci Mobil Otomatis
Artikel Selanjutnya
Honda Belum Pikirkan Lawan Kawasaki 230