Sukses

Tampang Penantang Honda Jazz dari Hyundai Makin Menggugah

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai diketahui tengah menguji model terbaru dari hatchback i20. Model anyar itu tertangkap kamera tengah diuji di daratan Eropa.

Namun seperti biasa, masih dibalut kamuflase untuk menyamarkan detail potret tubuh rival Honda Jazz ini. Beruntung, bagian muka masih terlihat guratan bumper dan grille. Ia menggunakan bahasa desain Fluidic Sculture 3.0 teranyar.

Menurut pabrikan, versi rombakan bodi ini bakal dipersembahkan untuk konsumen di Eropa dan Asia Pacific. Tak menutup kemungkinan pasar Indonesia juga kebagian model anyar.

Meski pasarnya tak sebesar SUV, namun model hatchback Hyundai cukup mendominasi penjualan secara global. Ambisi mempertahankan ceruk market pun dilakukan lewat rombakan desain i20 yang semakin menawan.

Jujur saja, cita rasa rancang bangun kini makin ke arah premium. Lekukan cembung pada mobil makin ditinggalkan. Diganti dengan tarikan garis lancip pada tiap sudut.

Pada Hyundai i20 mengadopsi etos geometri seperti yang terlihat pada Sonata dan Elantra baru. Gaya frontal didominasi oleh grille cascading besar. Lalu diapit lampu LED yang tajam dan rumah lampu kabut triangular.

Garis bahu yang tajam dan guratan dalam, membentang dari ujung lampu depan ke belakang. Kalau dilihat dari siluet samping, mobil tampak tegak dan lapang.

Bagian belakang relatif tidak ofensif, dengan lampu belakang LED horizontal dan lipatan dalam. Untuk lebih detailnya, Anda bisa melihat gambar sketsa yang mirip dengan sphyshot unit kamuflase.

Sayang, belum ada bocoran soal interior. Namun terlihat, Hyundai mempertahankan dimensi kompak dan tatanan lima pintu. Jadi, utilitasnya tak kalah dengan model lawas. Atau bahkan dengan rival sekelas. Diprediski pula, model bakal memiliki kabin sedikit lebih lapang.

 

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Lanjut seputar teknologi. Model anyar diharapkan menyuguhkan sistem infotainment besar dengan fungsi navigasi GPS, streaming bluetooth, Android Auto dan Apple CarPlay.

Sistem bantuan cerdas juga diprediksi tersedia. Misalnya lane-keeping aid, driver attention alert, front and rear automated emergency braking, lane-keeping assist dan driver-attention monitor.

Di balik bonet, Hyundai diharapkan membawa banyak pilihan mesin. Mulai dari 1,2 liter bensin empat silinder turbocharged, engine 1,0 liter tiga silinder dan mesin diesel untuk khusus.

Sebab negara seperti India punya varian diesel dan laku. Penyaluran tenaga sepertinya tetap, diumpankan ke roda depan melalui manual 6-speed atau 7-speed dual clutch otomatis.

Bagi pecinta adrenalin, i20 dikabarkan hadir dengan varian N-performance. Dugaan model ini mengempaskan daya 200 PS lebih. Pilihan jantung pacunya 1,6 liter turbocharged empat silinder. Unit khusus, disiapkan demi melawan VW Polo GTI dan Ford Fiesta ST.

Sedangkan pada model reguler, siap bertarung melawan Suzuki Swift, Honda Jazz / Fit, Mazda 2 dan Toyota Yaris. Jika tak meleset, i20 dirilis pada akhir tahun ini. Dan mulai penjualan pada awal 2020.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Disokong Teknologi Baru, Mesin Anyar Hyundai Diklaim Lebih Irit dan Bertenaga
Artikel Selanjutnya
Buka Pabrik di Indonesia, Gaikindo Ingin Hyundai Ekspor ke Australia