Sukses

Biar Tetap Nyaman, Begini Cara Merawat Helm Saat Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Mudik ke kampung halaman memang sangat tidak disarankan menggunakan sepeda motor. Pasalnya, kendaraan roda dua ini memang tidak diciptakan untuk perjalanan jauh, terlebih membawa orang dan barang yang berlebihan karena bisa sangat membahayakan.

Namun, dengan berbagai alasan, masih banyak pemudik yang nekat menggunakan sepeda motor. Alasannya, karena masih dianggap lebih murah atau hanya kendaraan ini yang dipunya untuk digunakan bersilaturahmi dengan keluarga saat Hari Raya Idul Fitri.

Jika sudah begitu, setidaknya persiapaan baik untuk kendaraannya atau orangnya harus dilakukan dengan sangat baik. Bagi pengemudi atau pembonceng, wajib menggunakan peralatan keselamatan yang terbaik, seperti helm full face.

Dijelaskan Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, selain harus menggunakan helm full face, pilih juga yang busa di dalamnya bisa dibongkar pasang. Hal tersebut, berguna untuk merawat helm dari bau keringat ketika digunakan menempuh perjalanan jauh.

"Biasanya, yang bikin helm bau ketika berkeringat itu bagian belakang atau dekat leher. Sedangkan bagian kanan, kiri, atau atau atas tidak terlalu. Jadi, memang harus dirawat setiap hari," jelas Richard saat berbincang dengan Liputan6.com, di RSV Store Jakarta, kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Lanjut Richard, bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, dan helmnya tetap bersih dan nyaman dipakai, sebaiknya setelah tiba di kampung halaman segera bersihkan helm yang digunakan.

"Copot semua busa di dalamnya, lalu angin-anginkan agar bekas keringatnya kering. Tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari langsung, cukup diletakan agar terkena angin," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Bau di Helm yang Tidak Bisa Hilang

Sementara itu, memang ada beberapa produsen helm yang juga menjual alat pembersih busa helm, seperti yang dijual di RSV Helmet.

"Dalam merawat helm, memberikan perhatian khusus untuk busanya. Alasannya, agar bau karena keringat ini tidak menempel di bagian lain, misalkan di stereoform di helm, karena jika sudah begitu baunya tidak akan bisa dihilangkan," pungkasnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mesin Overheat Mengintai Saat Mudik, Kenali Gejala dan Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Perhatian, Jalur Hijau di Tengah Tol Bukan Jalan Pintas