Sukses

VW Punya Citycar Pesaing Honda Brio, Masuk ke Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Mobil berjenis citycar menawarkan kemudahan berkat dimensi dan mesin mungil. Selain itu, kelincahan dan desain stylish cukup menggoda konsumen muda. Volkswagen pun sebenarnya memiliki mobil citycar ini, yaitu VW Up.

Lantas apakah PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku APM Audi dan VW di Indonesia tertarik untuk membawanya ke Indonesia?

Jonas Chendana selaku Chief Operating Officer PT GMM pun angkat bicara. "Kalau mobil Eropa, kalau semakin murah orang kadang-kadang tidak melirik," ungkap Jonas kepada wartawan saat buka bersama media, di Jakarta Timur, Kamis (24/05/2019).

Untuk diketahui, harga VW Up di Eropa mulai dari £10.080 (Rp184 juta). Mesin yang diadopsi berkapasitas 1.0 liter 3-silinder yang menghasilkan tenaga 59 Tk dengan torsi puncak 95 Nm.

"Terus terang, di negara asalnya pun harganya bisa dibilang cukup tinggi. Sehingga kalau ditawarkan di Indonesia, harganya tidak kompetitif untuk di kelasnya. Kan kalau di kita mindset-nya, kalau bisa dapat yang berukuran besar, kenapa harus yang kecil?" pungkas Jonas.

2 dari 3 halaman

Audi Q8 dan VW Tiguan Allspace Siap Meluncur di GIIAS 2019

PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen pemegang merek Audi dan Volkswagen (VW) di Indonesia siap meluncurkan dua produk terbarunya di Gaikindo International Auto Show 2019 mendatang. Dua produk tersebut adalah Audi Q8 dan VW Tiguan Allspace.

Menurut Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT GMM, SUV adalah salah satu pilihan utama konsumen otomotif tanah air. "Dengan berbagai keunggulan dalam hal kemewahan, teknologi modern dan ketangguhannya, kami akan memperkenalkan Audi Q8 dan SUV 7-penumpang VW Tiguan Allspace di pasar Indonesia, " ungkap Jonas.

 

 
 

 

Meski enggan membocorkan masalah harga, Jonas memastikan kedua produk tersebut mulai dipasarkan pada semester kedua tahun 2019.

Audi Q8 merupakan SUV berukuran bongsor dengan panjang 4,99 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1,71 meter. Ukurannya memang lebih besar dibanding Q7 yang sudah dijual di Indonesia dengan banderol mulai dari Rp2,175 miliar.

Q8 mengadopsi mesin bensin V6 yang menghasilkan tenaga 340 Tk dengan torsi puncak 500 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic dan juga sistem penggerak 4 road Quattro. 

Klaim akselerasi 0-100 kpj membutuhkan waktu 5,9 detik. Sedangkan kecepatan puncaknya 250 kpj. Q8 diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik berkat bantuan teknologi Mild Hybrid.

 
 
3 dari 3 halaman

VW Tiguan Allspace

VW Tiguan Allspace memiliki arti ruang kabin yang memadai. Salah satu keunggulan utamanya adalah kapasitas 7-penumpang.

Dengan menggunakan platform MQB (modular transverse matrix), Tiguan memiliki dimensi lebih besar dan jarak sumbu lebih panjang 77 mm dibanding generasi sebelumnya.

VW Tiguan mengadopsi mesin 1,4 TSI yang menghasilkan tenaga 150 bhp dengan torsi puncak 250 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi kopling ganda 6-percepatan. Akselerasi 0-100 kpj membutuhkan waktu 9,5 detik dan kecepatan puncaknya 202 kpj.