Sukses

Mitsubishi Enggan Berikan Diskon untuk Xpander, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Small MPV milik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Xpander masih cukup diminati pecinta roda empat di Tanah Air. Padahal, jika berbicara cara penjualan pabrikan berlambang tiga berlian ini, masih enggan memberikan diskon untuk penantang Toyota Avanza tersebut.

Dijelaskan Intan Vidiasari, Deputy General manager Planning & Communication PT MMKSI, kondisi untuk tidak memberikan diskon untuk Xpander. Pasalnya, jika sudah ada diskon, maka harga jual kembali atau resale value untuk sebuah model akan jatuh alias hancur.

"Pernah dibilang Mitsubsihi sombong, karena tidak memberikan diskon. Namun, justru dengan diskon bisa merusak resale value dari mobil itu," jelas Intan di booth Mitsubishi IIMS 2019, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lanjut wanita ramah ini, tanpa diskon untuk Xpander, bukan berarti konsumen tidak mendapat keuntungan. Sejatinya, biaya perawatan Xpander ini, jauh lebih murah dibanding model lain, dengan adanya paket service gratis hingga 10 ribu km atau paket smart.

Dari data yang diberikan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), biaya perawatan Mitsubishi Xpander diklaim lebih murah 25 persen dibanding Toyota Avanza.

Dengan detailnya, biaya oli mesin dengan spesifikasi 0W-20 sebanyak 4 liter, Xpander menghabiskan biaya sebesar Rp 317 ribu sedangkan Toyota Avanza Rp 640 ribu.

Sementara untuk part berkala, seperti saringan oli, gasket, air cleaner, dan air refresher, Mitsubishi Xpander habis Rp 430 ribu, dan Toyota Avanza Rp 384 ribu.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Untuk chemical atau fluid, seperti brake fluid dan brake cleaner, Mitsubishi Xpander Rp 153.500 dan Toyota Avanza Rp 175 ribu. Jadi, total biaya perawatannya, untuk Mitsubishi Xpander Rp 900.600 dan Toyota Avanza Rp 1.199 juta.

Dengan melihat biaya perawatan tersebut, untuk total cost perawatan berkala 1.000 km sampai 100.000 km, dengan perincian 1.000 km sampai 10 km Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander masih gratis.

Kemudian, dari 20 ribu sampai 50 ribu km, untuk pemilik Mitsubishi Xpander sudah mendapatkan paket free service bernama Mitsubishi paket Smart, sedangkan Toyota Avanza sebesar Rp 4.005.000.

Sedangkan untuk 60 ribu km sampai 100 ribu km, Mitsubishi Xpander menghabiskan biaya Rp 5.839.800, Toyota Avanza baru Rp 7.328.000. Jadi, total biaya perawatan hingga 100 ribu km, Mitsubishi Xpander lebih hemat 45 persen dengan Toyota Avanza dengan total biaya Rp 5.839.800 dibanding Rp 11.333.000.

"Untuk paket smart ini, melekat pada kendaraan bukan ke pemilik. Kecuali, yang dapat free asuransi jiwa. Kalau paket smart tadi kan, asuransi jiwa hanya satu tahun pertama, kalau mau melanjutkan bisa menghubungi asuransi," pungkas Adam Rahman, Head of Aftersales Planning Departemen PT MMKSI.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bakal Turun di Ajang Reli, Mitsubishi Xpander AP4 Bakal Punya Daya 300 Tk?
Artikel Selanjutnya
Bisa Jadi Inspirasi, Begini Modifikasi Innova dan Xpander Pakai Produk Pahami