Sukses

Berburu Skutik Entry Level, Mending Honda Beat atau Suzuki Nex II?

Liputan6.com, Jakarta - Honda Beat adalah salah satu skutik entry level yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Harganya relatif terjangkau dan desainnya pun modern. Kemudian datang Suzuki Nex II, yang juga menawarkan banderol murah dan fitur mumpuni. Mana yang layak dipilih?

Dimensi keduanya memang mirip, karena bermain di kelas yang sama. Beat berbekal dimensi 1.865 x 666 x 1.068 mm (PxLxT), ground clearance 146 mm dan bobot sampai 93 kg. Nex II punya ukuran 1.890 x 675 x 1.045 mm, ground clearance 150 mm dan bobot juga 93 kg. Ukuran itu sangat pas untuk tinggi rata-rata orang Indonesia. Bahkan kaum hawa juga cocok memilih Beat atau Nex II. Kapasitas bagasi di bawah jok keduanya tak jauh berbeda.

Yang berbeda soal desain dan grafis. Beat memilih bermain dengan warna-warna cerah yang sarat jiwa muda. Suzuki Nex II juga punya opsi warna cerah dan grafis nyentrik, namun keseluruhannya lebih elegan. Didukung juga dengan desain lampu utama yang agak masuk, sehingga bodi pinggir lampu tampak tajam dinamis. Desain Beat malah terkesan biasa saja dan membosankan, seperti main aman.

Membandingkan fitur, masing-masing punya kelebihan. Honda Beat punya indikator eco pada panel meter untuk panduan berkendara irit. Ada juga fitur Idling Stop System (ISS) dan combi brake system (CBS) pada varian atas. ISS mematikan mesin sejenak saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Sedang CBS mengintegrasikan pengereman belakang dan depan agar deselerasi optimal. Nex II tak punya ISS maupun CBS. Bekal fiturnya ada lampu LED dan kompartemen dengan port USB untuk pengisian daya smartphone. Melihat kebutuhan zaman sekarang, gimmick pengisi daya smartphone tampak lebih menarik ketimbang fitur lainnya.

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Performa juga rata-rata sama. Beat menggendong mesin 108,2 cc berdaya 8,5 Ttk pada 7.600 rpm dan torsi 9,01 Nm pada 6.500 rpm. Sementara Nex II, mesinnya 113 cc dengan tenaga 8,9 Tk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 8,5 Nm pada 6.000 rpm. Bedanya tak signifikan. Yang pasti keduanya punya performa dipakai di perkotaan, bahkan untuk berboncengan masih tak ada masalah.

Efisiensi juga yang ditawarkan keduanya. Klaim Honda, Beat bisa menghabiskan 55 km/liter dan 59 km/liter dengan fitur ISS ikut berperan. Sedang Suzuki mengklaim konsumsi Nex II 49 km/liter. Lagi, keduanya hanya klaim pabrikan masing-masing. Namun nyatanya bisa sangat berbeda. Pada intinya, baik Beat dan Nex II sangat irit konsumsi bahan bakarnya.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Sekarang soal harganya. Karena bermain di segmen yang sama, harga juga mirip. Honda Beat ditawarkan mulai dari Rp15,53 juta sampai Rp 16,69 juta untuk Beat Street yang punya desain sedikit berbeda. Sementara harga Suzuki Nex II berada di kisaran Rp 15,1 - 15,8 juta. Secara keseluruhan, harga Nex II lebih murah.

Dari seluruh paket yang ditawarkan, termasuk harga, desain, fitur dan performa, kami bakal pilih Suzuki Nex II. Namun ada pertimbangan lain di luar itu, yakni nama dan kepopuleran Honda, maupun dukungan purnajual. Honda dinilai lebih ekonomis ketimbang merek lain.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Lexus LM 350, Kembaran Toyota Alphard yang Lebih Mewah
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Siapkan SUV Murah, Harga Mulai Rp180 Jutaan