Sukses

Honda Jazz Disalip Suzuki Baleno, Ini Respon HPM

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan Honda Jazz secara wholesale (pabrik ke dealer) pada Februari 2019 mengalami penurunan yang signifikan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda Jazz mencatatkan distribusi sebanyak 986 unit pada Februari 2019 lalu, turun dari 1.423 di Januari.

Sementara itu, Suzuki Baleno menjadi mobil hatchback terlaris setelah distribusinya mengalami peningkatan yang signifikan. Pada Februari lalu, angka penjualannya mencapai 1.239 unit. Padahal, di Januari hanya 19 unit.

Menanggapi penurunan penjualan tersebut, Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan, jika untuk penjualan lihat penjualan retail (dealer ke konsumen).

Pasalnya, wholesale hanya untuk penyesuain antara stok di dealer dan permintaan konsumen.

"Dahulu, wholesale kita banyak, karena kita buka dealer banyak. Tahun ini, kita tidak buka dealer banyak, dari 89 dealer sampai 150 dealer," jelas Jonfis saat berbincang dengan wartawan di pabrik HPM, Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lanjut Jonfis, penyesuaian produksi Honda Jazz ini salah satunya karena untuk produksi Honda Brio yang bakal diekspor.

"Produksi wholesale itu kan terukur, kita tidak overtime. Gaikindo juga sepakat, market masih 1 juta, kita tidak melihat recovery tinggi, mudah-mudahan abis Pemilu kita lihat," tegasnya.

Tak hanya Honda Jazz, penurunan penjualan juga dialami oleh Toyota Yaris dan terbilang cukup siginifikan, lebih dari 50 persen. Tercatat sebanyak 700 unit yang terdistribusi pada Januari dan turun menjadi 306 unit di Februari.

Sementara itu, penjualan secara wholesale Mazda 2 terbilang stabil. Angka distribusi mobil ini naik sedikit dari 117 unit di Januari menjadi 138 unit pada Februari.

Loading
Artikel Selanjutnya
Honda Ogah Umbar Angka Ekspor Brio, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Ketika Komunitas Adu Keren Honda PCX Modifikasi