Sukses

Delapan Perlengkapan Wajib Saat Touring Motor

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki akhir pekan, kegiatan touring merupakan salah satu yang banyak dilakukan pemilik kendaraan roda dua dan komunitas. Menghabiskan cukup banyak waktu di jalan karena memilih melewati rute dengan nuansa alam yang indah membuat perjalanan touring motor lebih menyenangkan.

Namun beberapa perlengkapan perlu disiapkan dengan benar, untuk mengantisipasi kejadian buruk saat melakukan perjalanan. Seperti dilansir Corsatire, Jumat (1/2/2019), terdapat delapan perlengkapan wajib yang harus dibawa ketika touring.

Jaket Anti Hujan

Jaket menjadi salah satu pakaian yang paling penting untuk dibawa saat touring motor. Sebab pengendara akan menghabiskan banyak waktu di jalanan dengan kondisi dan cuaca yang tak terduga.

Dengan membawa jaket anti hujan, pengendara siap menghadapi hujan yang tiba-tiba menghadang saat perjalanan.

Kotak P3K dan Obat

Ketersediaan obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan touring wajib dibawa.

Bukan hanya sebagai pertolongan pertama di saat terjadi kecelakaan, ketersediaan obat-obatan penting dan kotak P3K juga berguna jika pengendara tiba-tiba mengalami gejala tidak enak badan.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Uang Tunai

Membawa uang tunai mungkin terlihat beresiko. Namun hal ini diperlukan saat kamu melewati rute touring yang daerahnya tak memiliki ATM.

Hanya saja, selalu pisahkan uang di beberapa tempat tertentu di luar dompet, hal itu untuk berjaga-jaga dari kemungkinan pemerasan atau dompet hilang saat berkendara.

Tool Kit

Pengendara wajib menyediakan tool kit saat melakukan touring untuk kerusakan minor, seperti baut-baut longgar atau mengganti part motor yang masih bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel.

Flat Tire Repair Kit

Perangkat ini mungkin bagi sebagian pengguna motor tak begitu penting. Tapi saat motor kamu mengalami kebocoran ban, maka perangkat ini sangat berguna.

Dilengkapi dengan pompa atau tabung gas, obeng, lem dan karet untuk tambal ban, alat ini sangat mudah digunakan, meski seorang diri.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Senter dan Pemantik Api

Penggunaan senter dan pemantik api cukup berguna saat touring motor memasuki waktu malam hari. Jika senter berfungsi sumber cahaya, pemantik api mampu menjadi penyelamat saat harus memasak atau menyalakan api.

GPS/ Peta Fisik

Kemajuan teknologi membuat teknologi navigasi Global Positioning System (GPS) menjadi mudah digunakan. Hanya saja, penggunaan GPS seringkali terhalang oleh sinyal yang tidak terlalu baik.

Sehingga, peta fisik masih menjadi andalan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika GPS dan atau peta fisik selalu tersedia saat melakukan touring motor.

Power Bank

Untuk kamu yang memiliki smartphone, tersedianya power bank sangat berguna di saat touring. Dengan kapasitas daya yang besar, power bank menjamin smartphone pengendara selalu memiliki daya yang cukup untuk digunakan selama perjalanan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Efek dari Modifikasi Ban Motor
Artikel Selanjutnya
Kenali Kondisi Busi dari Warnanya