Sukses

Jangan Sembarangan, Ini Tips Aman Pilih Boks Sepeda Motor

Dengan adanya boks, Anda pun akan merasa nyaman, dan terbantu saat berkendara baik jarak dekat maupun jarak jauh seperti touring

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengendara roda dua yang menginginkan daya angkut kendaraannya lebih banyak, pasti bakal menambahkan boks sepeda motor. Penambahan tempat angkut barang ini memang tengah populer, dan secara umum boks yang beredar di pasaran memiliki beragam varian bentuk, ukuran, model dan sebagainya.

Seperti disitat dari laman resmi Suzuki Indonesia, penggunaan dan kebutuhan boks memang beragam. Mulai dari penempatan helm, menyimpan jas hujan, hingga tempat membawa belanjaan.

Dengan adanya boks, Anda pun akan merasa nyaman, dan terbantu saat berkendara baik jarak dekat maupun jarak jauh seperti touring.

Nah, memilih boks pun tidak boleh sembarangan. Tiap sepeda motor memiliki kententuan masing-masing untuk memilih boks yang tepat dan sesuai.

Untuk menyesuaikan kebutuhan sepeda motor Anda, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dengan mudah dan aman memilih boks:

1. Memilih sesuai ukuran dan kapasitasnya

Pertama, tentu harus mengetahui kapasitas dan ukuran boks yang dibutuhkan. Sebagai antisipasi keperluan maupun kebutuhan, Anda bisa memilih boks dengan kapasitas dan ukuran yang cukup besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Sesuaikan pilihan boks dengan kapasitas mesin

Jangan memilih boks motor dengan kapasitas dan ukuran yang terlalu besar, karena dapat menurunkan kecepatan sepeda motor akibat kapasitas angkut sepeda motor yang berat. Setiap motor pun memiliki kapasitas masing-masing yang disesuaikan dengan mesinnya.

Jika sepeda motor Anda kapasitas mesin 125 cc, maka boks dengan kapasitas maksimal 30 liter yang cocok. Untuk mesin 250-400 cc, boks dengan kapasitas 35 liter.

Dan untuk mesin dengan kapasitas lebih dari 400 cc, boks dengan kapasitas maksimal 50 liter adalah pilihannya.

3. Pilih boks dengan standart keamanan tinggi

Hal ini tentu jangan sampai terlewatkan. Ketika memilih boks untuk sepeda motor kesayangan Anda, haruslah dengan sistem keamanan yang cukup memadai.

Pilih boks sepeda motor yang memiliki sistem penguncian baik yang hanya bisa lepas dari plate menggunakan kunci.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.