Sukses

Berkat Xpander, Mitsubishi Cetak Sejarah Penjualan Kendaraan di Indonesia

Liputan6.com, Tangerang - Penjualan PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sepanjang tahun lalu berhasil mencetak sejarah. Hal tersebut, berkat kehadiran small MPV dari pabrikan berlambang tiga berlian tersebut, Mitsubishi Xpander.

Dijelaskan Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing PT MMKSI, sejak pertama kali diluncurkan di gelaran GIIAS 2017 hingga saat ini, pemesanan Mitsubishi Xpander sudah mencapai 115 ribu unit. Selain itu, pesaing berat Toyota Avanza ini juga berhasil mendominasi pasar di segmen small MPV di kelas 1.500cc dengan market share lebih dari 44 persen.

"Kehadiran Xpander di Indonesia pun telah menorehkan sejarah terhadap bisnis Mitsubishi di Indonesia, di mana pada penutupan 2018, penjualan kendaraan Mitsubishi dalam wholesale basis meraih market share sebesar 13,8 persen, tertinggi dalam sejarah penjualan kendaraan Mitsubishi di Indonesia, dan meningkat 79 persen dari tahun sebelumnya," jelas Irwan Kuncoro di sela-sela pembukaan Xpander Tons of Real Happiness di Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang Selatan, Jumat (25/1/2019).

Sementara itu, dengan klaim PT MMKSI terkait market share penjualan kendaraan Mitsubishi di Indonesia, jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan secara wholesale Mitsubishi sepanjang 2018, sebesar 142.861 unit dengan market share sebesar 12,4 persen.

Sedangkan untuk penjualan retail sendiri, sepanjang tahun lalu, mampu menembus angka penjualan sebesar 146.805 unit dengan market share 12,7 persen.

Sementara itu, dibanding tahun sebelumnya atau pada 2017 lalu, wholesale Mitsubishi hanya mampu terkirim sebanyak 79.807 unit atau dengan market share sebanyak 7,4 persen dan retail sebanyak 79.669 unit dengan market share 7,5 persen.

Melihat data tersebut, memang penjualan pabrikan asal Jepang ini di Indonesia pada tahun ini meningkat hampir dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Pemesanan di Xpander Tons of Real Happiness

Untuk terus melakukan promosi dan perkenalan Xpander, Mitsubishi juga mengadakan acara Xpander Tons of Real Happiness. Acara tersebut, berlangsung di 9 kota besar di Indonesia, dengan kota awal Bekasi, Semarang, Surabaya, Makassar, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, dan ditutup di Tangerang.

Selama acara ini berlangsung, Mitsubishi tidak lupa untuk menjajakan small MPV andalannya, Xpander. Setiap berlangsungnya acara tersebut, rata-rata pemesanan sekitar 100 unit sampai 120 unit.

"SPK kami rata-rata 100 sampai 120 unit selama tiga hari di setiap kota. Tapi kemarin di Bandung itu SPK-nya tertinggi, sebesar 125 unit," jelas Deputy Group Head of Planning & Communication Group MMKSI, Intan Vidiasari di tempat yang sama.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kota Penutup, Xpander Tons of Real Happiness Tiba di Tangerang
Artikel Selanjutnya
Penjualan Mitsubishi Fuso Naik Signifikan