Sukses

Mobil Menteri Agama Mogok, Begini Cara Mendeteksi Aki Soak

Liputan6.com, Jakarta - Mobil milik Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Lukman Hakim Saifuddin mogok karena aki soak. Aki atau accu memang menjadi salah satu komponen yang kerap dituding saat mobil rusak. Salah satu tuduhan yang kerap terlontar saat mobil mogok, adalah akinya kali soak.

Sebenarnya, untuk mengetahui aki bakal soak cukup mudah. Aki soak tidak berarti bahwa hari itu juga akan mati, tetapi sisa waktunya mungkin tidak lama, dan apesnya kita tidak tahu persis.

"Ketika mengalami starter berbeda," kata Muksin, Technical Operational Fast Pancoran menyebut bahwa bunyi starter bisa digunakan untuk menakar kondisi aki, seperti dilansir Otosia.com, beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, jika suatu kali pengguna mobil menstarter kendaraannya dan merasa bahwa mesin butuh waktu lebih lama dari biasanya untuk menyala, maka itu bisa jadi pertanda. "Kalau (starter) agak berat, lalu besoknya normal lagi, baik, harusnya saat itu sudah dicek," kata dia.

Ciri yang disebutkan tersebut, sebenarnya berlaku pada semua jenis aki, baik yang diistilahkan aki basah ataupun aki kering.

"Kedua, soal usia. Biasanya, kalau aki sudah di atas setahun, seharusnya dicek," pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kejadian tidak mengenakan yang dialami Menteri Agama ini dibagikan olehnya di akun twitter resminya, @lukmansaifudin, Selasa (2/1/2019). Dalam video yang dibagikannya, terlihat lima orang petugas SPBU harus mendorong mobil berkelir hitam ini ke pinggir jalan.

"Pagi di awal Januari di Tahun Baru yg berkesan sekali. Datang 5 petugas SPBU yg sukarela membantu mendorong mobilku yg mogok karena soak akinya.. ;)),"tulis sang menteri sebagai caption unggahan videonya tersebut.

Lanjut Lukman, mobil mogoknya tersebut dipinggirkan ke jalan raya dengan tujuan agar tidak menghalangi pengguna jalan lain.

"Alhamdulillah, sampai akhirnya mesin mobil bisa hidup lagi dg jumper-aki, dan aku ucapin terima kasih ke mereka, tak ada satupun yg mengenaliku..," tambahnya.

Honda CR-V milik menteri Lukman ini memang sudah berumur lima tahun, dan ia menjelaskan jika aki yang soak tersebut bukan bawaan aslinya. Bahkan, ia sudah sempat mengganti aki sebelumnya, karena memang bukan bawaannya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: