Sukses

Selisih Rp 500 Ribu, Pilih Yamaha FreeGo S-ABS atau Lexi S?

Selisih harga keduanya tak terlalu jauh, hanya Rp500 ribu. Berdasarkan situs resmi YIMM, Yamaha FreeGo S-ABS dibanderol Rp22,5 juta, sedangkan harga jual Yamaha Lexi S mencapai Rp23 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Tak disangka-sangka, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Yamaha FreeGo di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Harganya yang berdekatan dengan Yamaha Lexi membuatnya bisa saling bersinggungan.

Memang, selisih harga keduanya tak terlalu jauh, hanya Rp500 ribu. Berdasarkan situs resmi YIMM, Yamaha FreeGo S-ABS dibanderol Rp22,5 juta, sedangkan harga jual Yamaha Lexi S mencapai Rp23 juta.

Sebenarnya perbedaan dimensi antara keduanya cukup jauh. Yamaha FreeGo S-ABS memiliki panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.100 mm. Jarak antar sumbu rodanya mencapai 1.275 mm dengan tinggi tempat duduk 778 mm.

Sementara itu, Yamaha Lexi S memiliki panjang 1.970 mm, lebar 780 mm, dan tinggi 1.350 mm. Sedangkan jarak antar sumbu roda dan tinggi tempat duduknya masing-masing 1.350 mm dan 785 mm. Dengan kata lain, anggota terkecil keluarga Maxi Yamaha ini lebih gambot dan stabil.

Jika ban tapak lebar merupakan suatu keunggulan, Yamaha FreeGo S-ABS jelas menang. Pasalnya, skutik baru ini menggunakan ban 100/90-12 di depan dan 110/90-12. Sedangkan Yamaha Lexi S hanya dibekali ban depan-belakang yang masing-masing berukuran 90/90-14 dan 100/90-14.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meski sama-sama mengusung mesin 1-silinder SOHC 125 cc, performa Yamaha Lexi S lebih besar dengan tenaga 11,7 Tk dan torsi 11,3 Nm serta telah menggunakan pendingin cairan. Sementara itu, Yamaha FreeGo S-ABS hanya mendapat asupan tenaga sebesar 9,4 Tk dengan torsi maksimum mencapai 9,5 Nm dan mesinnya didinginkan oleh udara.

Fitur yang ditawarkan keduanya sebenarnya tak jauh berbeda. Baik Yamaha FreeGo S-ABS maupun Lexi S sama-sama dibekali electric power-socket, SSS, smart-key, dan lampu hazard. Pabrikan berlogo garpu tala ini juga menyematkan speedometer digital, LED headlight, dan tangki bahan bakar berkapasitas 4,2 liter.

Namun, Yamaha FreeGo S-ABS bisa dibilang lebih unggul. Skutik baru ini memiliki bagasi berkapasitas 25 liter, lebih besar dari Yamaha Lexi S, 12,8 liter, sistem pengereman ABS, dan pengisian bahan bakar di dek tengah.

Hanya saja, Yamaha FreeGo S-ABS tidak masuk ke dalam keluarga Maxi Yamaha dan harus berada 1 kelas dengan Yamaha Mio series. Selain itu, skutik baru tersebut juga tidak dilengkapi dengan suspensi belakang sub-tank.

Sekarang, pilihan kami kembalikan ke Anda. Lebih suka skutik maxi seperti Yamaha Lexi S atau Yamaha FreeGo S-ABS, skutik baru di segmen entry level tapi memiliki segudang fitur?

Sumber: Otosia.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.