Sukses

Harga Mobil Xenia Bekas dan Kelebihannya, Menjadi Incaran Banyak Orang

Mobil yang digemari banyak keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Daihatsu menjadi salah satu merek otomotif yang menawarkan produk kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga ringan. Di Indonesia, mobil yang dijual oleh Daihatsu ini hadir dalam berbagai kategori mulai dari kategori low cost green car atau LCGC, city car, multi purpose vehicle, sampai mobil pikap. Merk otomotif asal Jepang itu masih bisa diterima baik oleh masyarakat. Salah satu produk unggulannya yang menjadi incaran banyak orang adalah Xenia. Daihatsu Xenia adalah nama mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor.

Mobil yang masuk multi purpose vehicle (MPV) ini cukup laris manis di pasaran. Baik keluaran terbaru maupun secondnya menjadi buruan banyak orang. Banyaknya peminat pada mobil ini dikarenakan daya tampungnya yang cukup banyak untuk menampung seluruh keluarga.

Untuk mendapatkan mobil ini, kamu dapat membelinya dalam bentuk yang masih baru atau jika memiliki budget terbatas, kamu bisa mendapatkan mobil xenia dengan harga yang relatif murah. Nah, sebelum mengulas harga mobil bekas ini yuk simak keunggulannya yang dirangkum Liputan6 dari berbagai sumber Senin (22/10/2018) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Mobil Favorit Keluarga

Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil di segmen MPV 7-seater yang secara resmi diperkenalkan pada 2003 silam. Sejak dirilis dan dipasarkan, mobil ini telah menjadi favorit banyak orang karena merupakan mobil keluarga.

Daihatsu sangat memperhatikan fitur Xenia, mulai dari daya angkut penumpang, performa, harga hingga karakter yang sengaja dibuat untuk melayani berbagai kondisi geografis yang ada di Indonesia.

Daihatsu Xenia generasi pertama diperkenalkan di Indonesia dengan tiga tipe utama, yaitu Mi, Li, dan Xi. Varian Mi dan Li menggunakan mesin 1.0L, sedangkan Xi menggunakan mesin 1.3L. Perbedaan utama antara Mi dan Li adalah tidak adanya power steering pada varian Mi (terendah), juga varian Mi masih menggunakan velg besi (Li juga menggunakan velg besi namun ditutup dengan dop/tutup roda). Varian Xenia otomatis hanya tersedia pada varian tertinggi (Xi) yang disebut sebagai Xenia Matic. Daihatsu Xenia memiliki berbagai aksesoris standar untuk tiap tipe utama yang terdiri dari paket-paket yang berkaitan dengan penampilan eksterior maupun interior seperti Plus, Deluxe, Family dan Sporty. Untuk masalah harga mobil bekas ini cukup stabil.

Sementara untuk Daihatsu Xenia generasi kedua, tersedia dengan 4 tipe utama, yaitu tipe 1.0D (1000cc standar), 1.0M (1000cc spek tertinggi), 1.3X (1300cc standar), dan 1.3R (1300cc spek tertinggi). Untuk tipe R, tersedia transmisi otomatis. Pada generasi kedua ini, dilakukan penambahan yang cukup signifikan yaitu AC blower ganda yang sebelumnya telah ada pada Toyota Avanza sejak generasi pertama. Seperti pada generasi pertama, paket-paket aksesoris tetap ada dan ditingkatkan dengan adanya penambahan paket baru yaitu Attivo khusus untuk tipe R dan dipromosikan sebagai Crossover. Pada bulan Oktober 2018 ini harga mobil bekas ini mengalami kenaikan lagi.

3 dari 4 halaman

Enam Varian

Di Indonesia, Xenia terbaru hadir dalam enam varian, yaitu varian D, M, X manual, X otomatis, R manual dan R otomatis. Dimana pada generasi terbarunya, mobil ini telah disematkan dengan tranmisi otomatis 4 percepatan selain transmisi manual 5 percepatan. Namun opsi tersebut hanya berlaku pada varian X dan R saja.

Xenia baru telah dilengkapi dengan berbagai fitur baru, antara lain yaitu Dual Airbags sebagai standar keselamatan utama, keyless entry, immobilizer, sensor di ujung sudut depan kiri dan kanannya, dan sensor parkir mundur. Selain itu, mobil Xenia terbaru ini juga telah dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS dan EBD.

Dibagian mesin, Xenia menawarkan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.0 liter dan 1.3 liter. Untuk mesin 1.0 L mempunyai daya sebesar 63 PS pada kecepatan 5.600 rpm dengan torsi maksimal yang dapat dihasilkan sebesar 90 Nm pada kecepatan 3.600 rpm. Sedangkan untuk mesin 1.3L telah disematkan teknologi mesin Dual VVT-i sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 PS pada kecepatan 6.000 rpm dengan torsi puncak yang mampu dihasilkan sebesar 121 Nm pada kecepatan 4.200 rpm. 

Dengan memadukan antara mesin 1.3L yang dialirkan melalui tranmisi manual atau otomatis serta teknologi mesin Dual VVT-i, membuat konsumsi bahan bakar mobil ini sangat irit bahkan hanya mencapai 13,2 km/liter. Dengan keunggulan ini nggak heran, jika Xenia menjadi favorit banyak orang. Apalagi harga mobil bekas ini cukup terjangkau.

4 dari 4 halaman

Harga mobil bekas 2018

Mencari mobil Xenia harus selalu cermat, terlebih lagi mobil bekas. Karena mobil bekas mempunyai kondisi yang terkadang ada cacat yang cukup parah, seperti bekas kecelakaan atau banjir. Nah, sebelum membeli xenia bekas terlebih dahulu pastikan mengetahui harga mobil bekas ini. Untuk Xenia keluaran tahun 2003 pada Oktober 2018 harga mobil bekas ini berkisar diangka Rp 40 jutaan. Sementara harga mobil bekas Xenia R 2017 berkisar Rp 140 jutaan. Untuk harga mobil bekas Xenia Xenia X 2016 sekitar Rp 137 jutaan dan untuk Xenia R 2013 harga mobil bekasnya diangka Rp 125 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini