Sukses

Eropa Belum Siap dengan Motor Listrik, Masih 5-6 Tahun ke Depan

Liputan6.com, Koln Dunia sudah memasuki era elektrifikasi transportasi. Mobil dan motor listrik sudah bermunculan. Hanya saja pergerakkannya belum secepat yang dibayangkan.

Terlihat dari tren yang muncul di Intermot 2018. Pada pameran motor dua tahunan yang selalu dinantikan pecinta motor seluruh dunia, tidak banyak pabrikan motor yang menampilkan motor listrik. Dari pengamtan Liputan6.com selama mengunjungi pameran yang digelar di Koln, Jerman, hanya pabrikan asal Taiwan yang terlihat serius membawa motor listrik dan teknologinya. 

Lantas seperti apa perkembangan motor listrik di Eropa? Vito Ciccheti General Manager Mororcycle Division Honda Mptor Europe Ltd., ikut angkat bicara. "Terkait dengan elektrifikasi tidak mudah untuk langsung menerapkannya (di Eropa)," ujarnya di hadapan sejumlah media Indonesia di Intermot 2018.

Saat ini menurutnya, Eropa sedang dalam tahap fundamental karena masih ada kekurangan infrastruktur terkait dengan standar produksi. Selain itu, bicara pabrikasi berarti bicara bisnis jangka panjang. "Di Eropa kami punya permintaan yang tinggi tentang polusi dan standar ramah lingkungan. Sudah berjalan  Euro3, Euro4, Euro5 dan Euro5 plus semua manufaktur sedang memfokuskan diri terhadap langkah ini yang sudah direncanakan hingga 2025. Jadi terkait dengan elektrifikasi tidak mudah untuk langsung menerapkannya karena rancangan pabrikan adalah jangka panjang.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 3 halaman

Motor Listrik di Eropa saat Ini

"Menurutnya, pemerintahan di Eropa belum punya visi yang jelas untuk industri motor listrik. "Mudah bagi mereka untuk berbicara (program elektrifikasi sepeda motor), karena mereka tidak mengembangkan sesuatu," ungkap Vito. Tapi untuk jangka panjang sangat mungkin untuk melakukan hal itu. "Regulasi emisi yang ada sekarang masih bisa digunakan untuk 5-6 tahun ke depan. Untuk saat ini, Eropa belum siap memakai motor listrik."

Vito tak menampik bahwa ada permintaan akan motor listrik di Eropa. Tapi permintaannya masih relatif kecil. Menurutnya, permintaan  yang terlihat nyata ada dari rental motor. "Paling besar di Belanda, tapi banyak juga di Prancis, Spanyol, Portugal dan Belgia yang motor listrik itu disewakan. Permintaannya sekitar 2.300 unit," jelas Vito.

Jadi jelas menurutnya, masa depan akan ke motor listrik.  

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Honda Monkey, Nostalgia Motor Mungil di Benua Biru
Artikel Selanjutnya
Mengenal Sosok Yamaha Tracer 700 GT yang Meluncur di Intermot 2018