Sukses

Mengenali Jenis dan Fungsi Dashcam untuk Mobil

Ada beberapa jenis dan fungsi dashcam (dashboard camera) atau kamera mobil sebagai alat pengawasan.

Liputan6.com, Tangerang - Mungkin Anda tak asing lagi dengan istilah dashcam (dashboard camera). Ya, kamera ini merupakan CCTV yang dipasangkan di atas dashboard mobil untuk merekam kondisi jalanan di depan mobil selama mengemudi. Proses perekaman didesain secara otomatis dan dimulai ketika mobil dinyalakan.

Namun, ternyata ada beberapa jenis dashcam yang bisa digunakan sebagai alat yang membantu pengawasan terhadap mobil dan juga menghasilkan bukti rekaman.

Ada beberapa jenis CCTV yang digunakan untuk mobil, di antaranya ialah yang menghadap ke depan, interior, tipe outdoor dan juga dua channel yakni depan dan belakang.

"Yang paling penting itu kamera yang menghadap ke depan, karena biasanya untuk (mengetahui) tabrakan atau sebagai bukti. Kita bisa tahu apa yang terjadi di depan mobil kita," kata Marketing Director Blackvue Indonesia, Rudy Ham saat ditemui di ICE BSD City, Senin (6/8/2018).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Jenis kedua ialah kamera yang menghadap depan dan belakang (dua channel).

"Ini untuk proteksi semua titik, untuk CCTV yang ini kan biasanya kalau tabrak mobil dari belakang bisa ketahuan, orang yang di belakang kita saat bawa mobil sambil lihat handphone atau enggak, misalnya," ujarnya.

Tak hanya itu, jenis lain juga ada yang tipe outdoor untuk membantu para sopir truk yang membawa barang ekspedisi, sebagai alat bukti bila mereka menjadi korban bajing loncat.

"Untuk kebutuhan loading barang, ada juga untuk menjadi bukti kalau ada bajing loncat kalau barangnya kurang. Ini tipe yang outdoor, terekam semua kalau bajing loncat ambil barang," katanya.

Jenis terakhir ialah kamera yang menghadap depan dan juga memantau interior mobil.

"Interior khusus untuk mereka melihat sopir atau keluarga, banyak juga keluarga yang khawatir anaknya keluyuran kemana-mana, jadi mereka mengawasi anaknya kemana dan ngapain saja di dalam mobil. Sopir juga misalnya ambil penumpang yang seharusnya gak boleh, itu nanti ketahuan. Biasanya itu yang dibutuhkan untuk pengawasan interior," paparnya.

3 dari 3 halaman

Kamera Terbaru Blackvue 4x Lipat dari Full HD

Berkaitan dengan kamera mobil, Blackvue sendiri menghadirkan produk terbarunya untuk dashcam yakni DR900S Series.

DR900S dengan dua channel ini memiliki keunggulan dimana pixelnya tinggi hingga empat kali lipat dari yang dimiliki kamera Full HD atau disebut dengan 4K Ultra High Definition (UHD), sensor kamera beresolusi 8 megapiksel untuk channel kamera depan, sementara untuk channel kamera belakang produk terbaru ini disokong sensor kamera beresolusi 2,1 megapiksel dengan Starvis sensor/ FullHD.

"Ini berguna kalau ada tabrak lari, kalau mobilnya sudah jauh, bisa zoom, tetap kelihatan nomornya. Kejadian tabrak lari bisa ketahuan," katanya.

Menurutnya, produk terbarunya ini terdiri dari kamera depan-belakang serta ada juga Cloud yang bisa didownload untuk memantau situasi dari ponsel.

"Kamera ini juga ketika mobil dalam keadaan parkir dan mesin mobil mati, kamera atau cctv ini tidak ikut mati tapi masih aktif jadi akan tetap terus merekam," kata Rudy.

Untuk harga, kamera untuk mobil ini dibanderol Rp5,5 juta untuk 1 channel sedangkan 2 channel (depan-belakang) dijual dengan harga Rp7,1 juta

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.