Sukses

Honda Resmi Jual Clarity PHEV, Berapa Harganya?

Honda Clarity PHEV merupakan mobil pertama dari pabrikan berlambang huruf 'H', yang memadukan mesin berkapasitas 1,5 liter Atkinson-cycle DOHC i-VTEC, dengan teknologi i-MMD Plug-in.

Liputan6.com, Tokyo - Honda Motor Co., Ltd akhirnya resmi memasarkan plug-in hybrid terbarunya, Honda Clarity PHEV. Namun, mobil ini bukan dijual di pasar Indonesia, melainkan untuk Jepang, dengan ketersediaan di seluruh dealer Negeri Matahari Terbit pada 20 Juli 2018.

Honda Clarity PHEV merupakan mobil pertama dari pabrikan berlambang huruf 'H', yang memadukan mesin berkapasitas 1,5 liter Atkinson-cycle DOHC i-VTEC, dengan teknologi i-MMD Plug-in. Menggendong jantung penggerak tersebut, mobil ini memeiliki tenaga sebesar 135 kw (182 Tk), dan torsi maksimal 315 Nm, serta menghasilkan jarak tempuh sejauh 114,6 km saat menggunakan EV Mode.

Tidak hanya itu, penyempurnaan pada efisiensi dan pengurangan emisi juga dilakukan pada mesin 1.5L Atkinson-cycle 4 silinder, dengan efisiensi bahan bakar maksimal 40,5 persen menjadi yang tertinggi dikelasnya.

Untuk memberikan pengalaman berkendara, Honda Clarity PHEV hadir dengan tiga mode berkendara, yaitu EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive. Selain itu, Honda Clarity PHEV juga didukung Intelligent Power Unit (IPU), yang dipadukan baterai berkapasitas 17,0 kWh.

Sebuah DC converter berkapasitas 12 volt juga ditempatkan di bagian tengah mobil, sedangkan tangki bensin ditempatkan dibawah bagasi untuk menciptakan kabin yang luas. Dengan mengadopsi metode water-cooling, proses pendinginan baterai menjadi lebih efisien, sedangkan layout yang minimalis mendukung ukuran baterai lebih kecil dengan durabilitas lebih tinggi.

Untuk pengisian daya, terdapat dua soket, yaitu manual dan fast charging dengan pengisian 80 persen hanya 30 menit. Mobil ini juga dilengkapi Remote App yang memungkinkan pemilik mengetahui informasi detail kendaraan, seperti kapasitas baterai, sisa jarak yang dapat ditempuh, temperatur kabin melaui smartphone.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Honda Clarity PHEV telah dilengkapi teknologi keselamatan canggih Honda Sensing, meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Pedestrian Collision Mitigation Steering System, False Start Prevention, dan Road Depature Mitigation System (RDM).

Terdapat juga fitur keselamatan Traffic Sign Recognition, Lane Keeping Assist System (LKAS) serta Lead Car Departure Notification System dan Adaptive Cruise Control (ACC).

Honda Clarity PHEV tersedia dalam enam warna, yaitu Cobalt Blue Pearl, Premium Deep Rosso Pearl, Platinum White Pearl, Super Platinum Metallic, Modern Steel Metallic dan Crystal Black Pearl. Sedangkan interior, Honda Clarity PHEV menawarkan dua varian warna, yaitu White Ivory dan Black.

Honda Clarity PHEV dijual dengan harga mulai 5.880.600 Yen atau setara dengan Rp 755 juta, dan ditargetkan terjual hingga 1.000 unit dalam setahun di Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.