Sukses

Mercury D528, Salah Satu Mobil Unik di Museum Petersen

Liputan6.com, Jakarta - Tak banyak yang mengetahui merek mobil Mercury, sebuah perusahaan mobil Amerika Serikat, yang didirikan pada 1939. Pabrikan ini menghasilkan berbagai macam kendaraan sport maupun luxury dan merupakan anak perusahaan dari Ford Motor Company yang berpusat di Dearborn, Michigan.

Merek ini resmi ditutup oleh Ford Motor Company pada 2011 setelah Ford memutuskan untuk fokus pada merek Ford dan Lincoln saja. Dari sekian banyak jenis mobil Mercury yang diproduksi, ada satu di antaranya yang kini menjadi salah satu mobil klasik unggulan di Petersen Automotive Museum, Los Angeles. 

Mobil tersebut ialah Mercury D528 yang dibangun sekitar 1953-1955. Dilansir dari usatoday, Mercury D528 dibangun untuk menguji konsep lanjutan tempat duduk, pencahayaan, AC, dan desain rangka depan. Mobil ini digunakan untuk percobaan internal para desainer dan insinyur Ford melihat dan merancang sistem pendingin udara, di mana saat itu ide untuk mendinginkan penumpang di dalam mobil, merupakan hal yang benar-benar eksotis.

"Kondensor yang diperlukan untuk membuat unit tersebut sangat besar pada saat itu, sehingga D528 sebagian besar merupakan untuk latihan pengemasan," kata Leslie Kendall, kurator dari Petersen Automotive Museum.

 

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Mobil yang dirancang memiliki bodi panjang dan rendah tersebut, tidak begitu banyak mengembangkan fiturnya. Meski beberapa fitur benar-benar mengagumkan. D528 memiliki kompartemen berengsel di kedua sisi bagasi. Yang satu menyembunyikan tutup gas dan yang lain menyelubungi ban serep. 

Desain seperti itu memberi kapasitas bagasi yang memadai meskipun harus mengakomodasi sistem pendingin udara yang besar. 

Mobil itu juga memiliki jendela belakang terbalik pertama yang dimiliki Ford. Mobil ini juga telah dilihat oleh banyak orang dalam film komedi yang diperankan Jerry Lewis, The Patsy pada 1964.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.