Sukses

Mengenal Sosok Chris Lesmana, Desainer VW Terbaik dari Indonesia

Tahukah Anda, Volkswagen pernah dinobatkan sebagai World Car of The Year 2012 pada New York International Auto Show. Mungkin bukan berita besar bagi Anda. Namun, tahukah Anda ada orang Indonesia di balik model-model mobil VW?

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda, Volkswagen pernah dinobatkan sebagai World Car of The Year 2012 pada New York International Auto Show. Mungkin bukan berita besar bagi Anda. Namun, tahukah Anda ada orang Indonesia di balik model-model mobil VW?

Adalah Christian Lesmana yang menjadi satu dari tiga perancang VW Up. Namanya melejit karena dia berasal dari Indonesia.

Melansir Astralife, desainnya, VW Up berhasil menyisihkan 34 mobil lainnya hingga akhirnya menyabet penghargaan tersebut.

Membanggakannya lagi, VW Up bukanlah satu-satunya mobil yang Chris rancang. Pria asal Bandung itu juga merancang VW New Beetle 2011 yang dijuluki The Beetle.

Ceritanya, Chris adalah penggemar mobil VW sejak masih berusia remaja. Kegemarannya ini berawal dari ayahnya Tony Lesmana yang juga penggemar VW.

Bahkan dia memiliki bengkel las mobil di Bandung. Saat Chris berusia 17 tahun, Tony memberikan hadiah mobil VW hitam seri 1303 yang membuat Chris getol mengoleksi Volkswagen .

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

VW kodok itu lah yang menjadi eksperimen pertamanya. Chris mengoprek tampilan VW kodok tersebut. Dia merubah interior dan mengecat ulang eksterior. Kemampuannya ini juga dia pelajari dari sang Ayah.

Siapa sangka, impian Chris menjadi desainer mobil sejak kecil tercapai. Chris rela melepas kuliahnya di jurusan desain produk Institut Teknologi Bandung (1988-1991) untuk mengejar cita-citannya.

Chris meninggalkan kuliahnya di ITB untuk belajar bahasa Jerman agar bisa sekolah di Sekolah Tinggi Desain Fakultas Desain Industri jurusan desain transportasi di Pforzheim, Jerman.

Saat semester 6 di Pforzheim, Chris praktik selama 6 bulan di pabrik Volkswagen, di Wolfsburg. Karena puas dengan hasil kerja Chris, VW pun menawari pria yang pernah praktik di pabrik Audi selama dua bulan itu untuk perpanjangan masa praktik selama satu semester lagi dan menyelesaikan jenjang diplomingenieur atau setingkat master.

 

 
3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Setelahnya, manajemen VW menawari Chris bergabung. Tahun 1997, Chris resmi menjadi karyawan VW.

Tahun 2007, Chris bersama tim, Boris Grell perancang interior asal Slowakia dan Susanne Garken asal Jerman yang merupakan perancang warna mobil, terpilih untuk mendesain The Beetle.

Mereka mengalahkan tujuh proposal lainnya. "Pokoknya mobil ini mesti kelihatan cool," kata Chris dalam wawancara dengan majalah intern VW, Magazin 02.8.

Hasilnya? Patut untuk dikagumi. Mobil bergaya retro tersebut menjadi bintang di lantai pameran Auto Show Frankfrut dan di The Beetle Premiere berlin pada 2011.

Kini Chris bekerja di VW selama 40 jam seminggu dengan waktu istirahat selama 45 menit setiap harinya. Chris juga msaih menyimpan VW seri lama, yakni 1962. 1967. dan 1971.

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.