Sukses

Ban Terlihat Kusam, Masih Amankah Buat Mudik?

Jika ingin membuat dinding ban menjadi kinclong atau terlihat hitam seperti baru, ada baiknya menggunakan cairan khusus yang direkomendasikan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil seperti mudik Lebaran, sebaiknya dilakukan pengecekan lebih detail termasuk bagian ban.

Namun ada hal mengganjal, yaitu warna ban berubah menjadi kusam atau lebih condong berwarna cokelat. Lantas apakah ban dengan warna cokelat itu tetap aman digunakan untuk mudik.

 

Menanggapi hal tersebut, Senior Manager Bussines Support Sales Replacement PT Gajah Tunggal Tbk Aries Abdullah angkat bicara. Kata dia, ban dengan warna kusam masih aman digunakan untuk mudik.

“Kalau kusam itu karena bahan kimia, itu tidak masalah sebenarnya. Yang penting cara bersihinnya,” ungkap Aries saat ditemui akhir pekan.

Dia juga menyatakan, jika ingin membuat dinding ban menjadi kinclong atau terlihat hitam seperti baru, ada baiknya menggunakan cairan khusus yang direkomendasikan.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbas Terlalu Sering Menggunakan Cairan Penghitam Ban

Dilansir dari berbagai sumber, warna kusam pada ban memang bisa saja terjadi secara alami. Namun ada juga yang lebih cepat berwarna kusam lantaran penggunaan semir ban yang mengandung unsur-unsur kimia dan tidak cocok dengan bahan atau komposisi ban.

Parahnya, penggunaan semir ban dengan cairan yang tak sesuai serta terlalu sering akan berimbas pada dinding ban menjadi retak bahkan mudah bocor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.