Sukses

Hati-Hati, Pilih Pembersih Jok Tak Boleh Sembarangan

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum mudik lebaran, tentu ini menjadi waktu yang tepat untuk mempercantik tampilan mobil. Salah satunya adalah membersihkan jok kulit yang umumnya kini berbahan sintetis.

Supaya nyaman dilihat, jok sintetis bisa dibersihkan dengan cairan kimia khusus pembersih seperti dikatakan Oscar Wijaya, founder sekaligus Ketua Umum Indonesia Authorized Trimmer Summit (IATS).

Produk semacam ini banyak tersedia di pasaran, seperti di toko-toko perawatan ataupun gerai-gerai perkakas rumah tangga.

"Untuk bahan sintetis, karena permukaannya PVC, itu tahan banting, mau pakai bahan kimia, bisa. Tapi satu, gunakan pembersih yang bisa mengembalikan ke orisinalnya," ujarnya.

Jika kurang paham, cairan pembersih itu bisa punya efek yang terbalik-balik sehingga efek kulit pada jok justru tidak sesuai bawaannya. Misalnya jok yang seharusnya beraksen doff tetapi malah jadi mengkilat.

"Kalau kayak poles mobil kan ada yang bikin mengkilap, itu kan lapisan. Ketika kena matahari, kecenderungannya dia kayak semacam lumer. Ya ini selera, ada yang ingin mengkilat seperti sofa rumah, ada juga yang doff," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Pesan yang ditekankannya adalah melihat peruntukan cairan pembersih kulit sintetis jok mobil tersebut. Apakah unsurnya ditujukan untuk membuatnya mengkilat atau menjadikan warna doff sesuai jenisnya.

"Yang perlu diperhatikan, jok bahan doff jadi mengkilat, yang bahan mengkilat jadi doff. Ini pasti (cairan pembersihnya) ada bahan kimianya," kata dia.

Reporter : Dimas Wahyu

Sumber : Otosia.com
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketika Ahli Kungfu Menggunakan Mobil Bertransmisi Manual
Artikel Selanjutnya
Motor Sport Roda Tiga Yamaha Resmi Dijual