Sukses

Era Taksi Sedan Memudar, Kini MPV Jadi Jagoannya

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kini jarang mendata wholesales (penjualan pabrik ke dealer) untuk segmen taksi. Bahkan di Januari-Februari 2018 tak terlihat satu pun merek mobil yang tercatat menjual mobil untuk taksi.

Namun ternyata, para perusahaan jasa transportasi, khususnya di Jakarta, kini tak lagi membeli jenis sedan. Makanya  data gaikindo tak tersembul sedan seperti Toyota Limo. Ya, hal ini lantaran para pabrikan telah menawarkan kendaraan jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) yang ditawarkan sebagai mobil taksi.

 

Toyota Transmover, mobil yang merupkan bagian keluarga Toyota Avanza ini ternyata sejak Januari-Februari 2018 sudah laku 1.766 unit.

Jika dilihat lebih rinci, angka tersebut berasal dari Januari 2018 sebesar 852 unit dan Februari 2018 mencapai 914 unit.

Sementara itu, Honda juga tak mau kalah, karena perusahaan dengan logo huruf H ini memang telah lebih dulu menjual MPV taksi yaitu model Mobilio S 1,5 MT atau tipe paling rendah.

Selama Januari-Februari 2018, Honda Mobilio S 1,5 MT telah terjual hingga 1.195 unit. Angka ini di dapat dari Januari 2018 sebanyak 754 unit dan Februari 2018 mencapai 441 unit.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Namun tak hanya kedua merek mobil asal Jepang saja yang kepincut menawarkan produknya untuk taksi. Sebab, pabrikan asal Cina, yakni Wuling juga menawarkan untuk taksi.

“Ada sudah ada, sudah diproses dan memang belum dikirim semua (ke perusahaan taksi), tipenya masih belum ada bedanya dengan tipe terbawah Confero 1.5 MT (di Gaikindo Confero S 1,5 MT,” ungkap Dian kepada Liputan6.com.

Dian menyatakan, Wuling Confero yang menjadi armada taksi dibalut dengan warna putih. Jika melihat data Gaikindo, model untuk Wuling Confero 1.5 MT telah terjual sepanjang Februari 2018 mencapai 297 unit. Sedangkan Januari 2018 sebanyak 107 unit.

“Sebenarnya belum di-delivery semuanya. Sementara (Wuling Confero) ini belum diganti namanya. Dan tipe ini memang dijual untuk taksi dan konsumen biasa,” ujar Dian.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

MPL Season 5 | Road To Final - 10 APR | 12:30 WIB | E-sports
Loading