Sukses

Pelek Lokal Ini Siap Bersaing dengan Produk Asing

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ubahan atau modifikasi ringan yang bisa dilakukan pada kendaraan adalah mengganti pelek. Selain untuk mengejar tampilan agar lebih keren, penggantian pelek juga bisa untuk menunjang performa kendaraan.

Di pasaran banyak tersedia jenis pelek, mulai dari produk lokal hingga impor. Sebagai salah satu pemain lokal yang eksis, brand pelek V-Rossi cukup dikenal di pasar roda dua nasional.

Perjalanan panjang V-Rossi di industri aftermarket roda dunia membuahkan hasil. Tidak cuma dipasarkan di dalam negeri, produk-produk mereka juga dijual di luar negeri.

"Pada 2017 kami menjual lebih dari satu juta pelek. Itu sudah termasuk ekspor. Komposisinya, 60 persen model jari-jari dan (40 persen) sisanya model casting," terang Imin Brata PT Batavia Alumindo Industri di Jakarta, Sabtu (3/2/2018).

Lebih lanjut ia menyebut, tantangannya saat ini bukan dari produk dalam negeri melainkan produk luar negeri yang membombardir pasar aftermarket. Namun pihaknya tidak gentar karena produknya telah mengantongi sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Pelek model jari-jari tersedia dalam berbagai warna dan ukuran. (Septian/Liputan6.com)

V-Rossi juga memiliki fasilitas laboraturium testing pelek yang bisa dipakai oleh pemerintah untuk mengevaluasi produk-produk lain yang beredar di pasaran.

"Lab kami sudah terverifikasi dan semua sudah Standar Nasional Indonesia, bahkan bisa dikatakan setara JIS (Japanese Industrial Standards)," kata Brata.

Sebagai informasi, V-Rossi memiliki 2 pabrik yakni di Kawasan Industri Balaraja dan Cikupa. Pabrik yang mempekerjakan 500 orang ini memproduksi pelek model jari-jari dan casting.

Tidak cuma tersedia sebagai produk aftermarket, pelek V-Rossi juga telah digunakan sebagai Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk motor trail Gazgas dan Viar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Showroom Pertama

Guna memantapkan bisnisnya, PT Batavia Alumindo Industri membuka showroom pertama V-Rossi di Jalan Lapangan Bola Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Di sini, tidak hanya beragam pelek yang dipamerkan, tetapi juga produk lainnya, seperti shockbreaker, swingarm hingga sasis motor.

idak hanya beragam pelek yang dipamerkan, tetapi juga produk lainnya, seperti shockbreaker, swingarm hingga sasis motor. (Septian/Liputan6.com)

Pelek model jari-jari dan casting untuk motor bebek, skutik hingga sport tersedia di sini. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 400 ribuan hingga Rp 2 jutaan per pasang.

Menariknya, jika suka pada model tertentu tapi tidak cocok dengan warnanya, Anda bisa mengorder dengan warna yang diinginkan. Adapun estimasi barang yang diinginkan tersedia dalam 2 minggu.

"Kami harapkan konsumen bisa lebih jelas melihat variasi item yang kami punya. Kalau di toko (jaringan dealership) kan modelnya terbatas, tapi di sini lebih lengkap. Di sini juga bisa diskusi model pelek apa yang diinginkan," kata Brata.

Sayangnya, showroom ini tidak memiliki fasilitas pemasangan pelek. Dengan begitu konsumen yang membeli pelek di sini harus memasangnya di bengkel yang direkomendasikan atau bengkel lainnya.

Artikel Selanjutnya
Suzuki Intruder 150, Cruiser Murah yang Mejeng di Jakarta Fair
Artikel Selanjutnya
Motor Klasik Listrik Ini Tampil Nyentrik