Sukses

Kocaknya Cara Polisi Menyindir Pengguna Lampu yang Menyilaukan

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja ide kreatif yang dilakukan kepolisian dalam memberi pesan berupa parodi iklan layanan masyarakat yang diunggah di media sosial. Belakangan ini, akun Instagram @lantas_turjawali_karanganyar mengunggah video lucu yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada para pengendara motor agar tidak menggunakan lampu depan yang menyilaukan.

Dalam iklan tersebut terlihat seorang pengendara yang menggunakan lampu terang, digambarkan seperti Ultraman, yang menggunakan sinar lampunya untuk melawan polisi yang akan menilang. 

Dengan lampu motor yang terlalu terang, pengendara menyerang dua polisi. Sampai akhirnya ada satu polisi yang mengalahkan sorotan lampu menggunakan kepalanya.

Seperti diketahui, kendaraan bermotor dilarang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas termasuk lampu yang silau. Hal itu tercantum di Pasal 279 Jo Pasal 58 UULAJ No 22 Tahun 2009 yang berbunyi, "Kendaraan bermotor di jalan dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas, antara lain bumper tanduk dan lampu menyilaukan" akan dikenai denda sebesar Rp 500 ribu.

Semua pengendara kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu kendaraan saat berkendara. Namun, jangan sampai lampu tersebut menjadi perlengkapan yang berbahaya bagi pengendara lain karena terlalu terang.

 

2 dari 2 halaman

Jangan Ditiru, Angel Lelga Naik Motor Bertiga Tanpa Helm

Seorang public figure seharusnya bisa menjadi contoh yang baik bagi para penggemarnya. Tentu saja, selain menjaga perilaku keseharian, patuh berlalu lintas tentu menjadi salah satu aturan yang harus dipatuhi. 

Namun sayang, Angel Lelga mengunggah video dirinya bersama rekannya naik sepeda motor tanpa menggunakan helm dan memegang smartphone. 

 

 

 

Dalam akun yang memiliki pengikut hingga 1,7 juta orang, Angel Lelga mengatakan naik motor menuju lokasi pengambilan gambar. Alasannya terburu-buru dan telat. Tidak lupa Angel menyertakan caption "Ini abang gojeknya dari arab. Naik motor kitaaa.... horeeeeee."

Hal ini sangat disayangkan, hingga akun @polantasindonesia mengunggah kembali dan berkomentar "Duh mbak @angellelga".

Warganet yang melihat hal ini juga turut berkomentar.

@echa_fap tilang pak....udah b3 tak pke helm lg huhuu....

@adv_hen Cie2...yg bonceng 3...

@ssssavitri24 Ya Allah kok begitu. Padahal di jalan raya udh gt nggak pake helm, boncengan bertiga pula

@ninja250.4 Nyari sensasi aj..😅

@macy__23 ntar vikinya marah lho om polisi