Sukses

Deretan Mobil Transmisi Otomatis dengan Rasio 5 Percepatan Lebih

Liputan6.com, Jakarta - Dengan tingkat kepadatan lalu lintas di kota besar Indonesia, seperti Jakarta, keberadaan mobil bertransmisi otomatis semakin populer. Dibanding harus menginjak kopling untuk berpindah gigi, pengguna kendaraan lebih memilih mobil yang tinggal gas saja.

Untuk pilihan transmisi otomatis juga cukup banyak, mulai dari otomatis konvensional (AT) hingga CVT. Begitu juga dengan pilihan rasio gigi, mulai dari empat, lima, enam, bahkan sampai sembilan.

Semakin banyak rasio gigi di transmisi otomatis, hentakan saat berpindah gigi semakin halus karena rasio gear semakin rapat.

Namun, untuk transmisi otomatis dengan rasio gigi lebih dari lima, lebih ke arah mobil premium, sport, atau mobil dengan kapasitas mesin yang besar.

Nah, berikut mobil di Indonesia yang cukup laris dengan pilihan transmisi otomatis dengan rasio lebih dari lima percepatan:

1) Suzuki SX4 S-Cross

Untuk terus menggairahkan pasar LSUV, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi menghadirkan SX4 S-Cross anyar. Model ini, hadir dengan tampilan yang lebih bergaya dan mewah.

Selain itu, i dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.491 cc VVT DOHC, yang mampu menghembuskan daya hingga 107 Tk pada 6.000 rpm. Mesin tersebut, dilengkapi dua pilihan transmisi, yaitu enam percepatan otomatis dan lima percepatan manual.

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

2) All New Toyota Fortuner

Toyota memasangkan transmisi otomatis enam tingkat percepatan untuk all new Fortuner. Pemilihan ini, berdasarkan perhitungan khusus menyesuaikan karakter yang diinginkan.

Dijelaskan Dadi Hendriadi, GM Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), transmisi ini dapat mewakili karakter pengguna all new Fortuner. Akselerasi dan keiritan BBM-nya bisa didapat.

"Sekarang kan eranya drive with torque, not power. Akselerasi dapat, irit juga kena," jelas Dadi kepada Liputan6.com.

Pada empat rasio gigi pertama, menurut Dadi membuat akselerasi all new Fortuner bisa cepat. "Sementara dua sisanya adalah overdrive, untuk menjaga rpm relatif rendah agar irit BBM," pungkasnya.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3) Mitsubishi Pajero Sport

Salah satu sport utility vehicle (SUV) populer di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport, sudah dilengkapi pendokrak performa yang mumpuni. Selain mesin, SUV milik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga dilengkapi transmisi canggih.

Untuk menemani mesin 4N15 berkapasitas 2,4 liter MIVEC Turbocharged dan Intercooled, pabrikan berlambang tiga berlian ini mengawinkannya dengan transmisi otomatis delapan percepatan.

Dengan mesin dan transmisi tersebut, model ini mampu menghembuskan daya hingga 178,4 Tk pada putaran 3.500 rpm, dengan tosi maksimum sebesar 430 Nm pada putaran 2.500 rpm.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4) Toyota Kijang Innova

Mobil keluarga andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) juga dibekali transmisi otomatis canggih. Toyota Kijang Innova baru ini, juga ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin dan diesel.

Untuk mesin bensin, dibenamkan unit berkode 1TR-FE, 4 silinder, in-line, 16 valve DOHC dengan Dual VVT-i yang memproduksi tenaga 137 Tk pada 5.600 rpm dan torsi 183.3 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara untuk mesin diesel, generasi 2GD FTV, 4 silinder, in-line, 16 valve, DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin ini punya output 146 Tk pada 3.400 rpm.

Sementara untuk transmisi otomatisnya, baik untuk varian bensin maupun Diesel, menggunakan transmisi otomatis enam percepatan. Transmisi ini juga dilengkapi dengan sport sequential switchmatic.

Artikel Selanjutnya
Daftar Mobil Baru Bertransmisi CVT di Bawah Rp 300 Juta
Artikel Selanjutnya
Datsun Cross Pasti Gunakan CVT, Ini Buktinya