Sukses

Mantan Presiden Toyota Mangkat

Liputan6.com, Jakarta Tatsuro Toyoda, anak dari pendiri Toyota Motor Corporation sekaligus sosok penting suksesnya Toyota mendunia, wafat di umur 88 pada 30 Desember 2017 lalu.

Dilansir Nytimes, Toyota mengatakan wafatnya disebabkan oleh pneumonia.

Toyoda menjabat sebagai presiden ke-7 Toyota dari tahun 1992-1995. Pada tahun 1995 Toyoda turun dari jabatannya, namun tetap memegang jabatan sebagai penasihat sampai akhir hayatnya.

Peran terbesarnya adalah memimpin pabrik pertama Toyota di Amerika bernama New United Motor Manufacturing Inc., sebuah kolaborasi dengan General Motors yang menggabungkan metode perakitan Jepang dan sistem buruh Amerika.

Karirnya terfokuskan pada operasi internasional, hasil jerih payahnya berhasil meleburkan budaya efisiensi, kerjasama, dan mendorong karyawan khas Jepang dengan budaya Amerika, sekaligus memacu pertumbuhan Toyota di skala internasional. Serta menciptakan gaya baru hubungan antara tenaga kerja dan manajemen.

Salah satu produk yang diciptakan adalah Chevrolet Nova dan Toyota Corolla, sebelum pabriknya ditutup tahun 2010.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 3 halaman

Terungkap, Sejarah di Balik Nama Besar Toyota

Toyota dikenal sebagai pabrikan mobil yang sudah menciptakan berbagai tipe mobil dan laris di pasaran. Namun, sebelum dikenal dengan nama Toyota, perusahaan asal Jepang ini bernama Toyoda.

Toyoda merupakan nama keluarga sang pendiri, Sakichi Toyoda, di mana kendaraan pertama yang diproduksi dijual dengan menggunakan emblem Toyoda.

Pada 1900, Sakichi Toyoda membuat mesin untuk mempermudah menyelesaikan tugas menenun benang menjadi kain.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Saat itu pabrikan yang selama ini kenal Toyota sebagai pabrik mobil, nyatanya dirintis dari perusahaan tenun sampai 1930.

Sekitar 1900-an, ketika Toyoda akan ditulis dengan huruf kanji, dua huruf terakhir yakni "da" dan "ta" memiliki kemiripan.

Namun, bila menggunakan nama Toyoda terdapat 10 goresan kuas, sedangkan Toyota hanya 8 goresan. Ada kepercayaan bahwa angka 8 merupakan angka keberuntungan, sehingga terpilihlah nama Toyota.

Artikel Selanjutnya
Sederet Harga Mobil yang Naik di 2018
Artikel Selanjutnya
Terungkap, Sejarah di Balik Nama Besar Toyota