Sukses

Lima Rahasia Berkendara agar Irit Bahan Bakar

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai mobil yang irit bahan bakar diperlukan gaya serta kecakapan dalam berkendara. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar.

Jadi ada kemungkinan semakin anda lihai dalam berkendara, bisa jadi bahan bakar yang digunakan semakin irit. Ada beberapa tips agar Anda bisa berkendara tanpa boros bahan bakar:

1. Aman berkendara dengan mengatur injakan pedal gas.

Menurut FuelEconomy.gov, taktik seperti berakselerasi agresif dan sering melakukan stop-and-go hanya membuang-buang gas dan benar-benar dapat menurunkan efisiensi bahan bakar Anda sebesar 33 persen pada kecepatan tinggi dan 5 persen di sekitar kota. Sebaiknya injaklah gas dengan lembut dan lebih bertahap. Kalau menginjak terlalu dalam akan berakibat pada bahan bakar yang mudah keluar.

 2. Menjaga kendaraan Anda.

Rajin untuk melakukan perawatan rutin dan jadwal tune-up, Anda akan membantu untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

 

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Periksa ban Anda.

Mengecek tekanan angin ban kendaraan Anda secara berkala juga merupakan cara efektif untuk menjaga agar mobil bisa hemat dalam kondisi bahan bakar. Hal ini dikarenakan tekanan angin ban yang kurang akan membuat kondisi ban sedikit kempis.

Hal tersebut akan mengurangi daya putar ban dan membuat beban mesin semakin berat. Dampaknya? Konsumsi bahan bakar pun akan boros. Memeriksa ban kendaraan juga menjadi cara untuk menjaga tekanan sedikit lebih rendah dalam cuaca panas, dan sedikit lebih tinggi dalam cuaca dingin.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Gunakan AC secara efisien.

Penggunaan Air Conditioner (AC) juga mempengaruhi putaran mesin yang berdampak pada konsumsi bahan bakar. Jadi gunakan AC seperlunya saja.

5. Kurangi beban mobil

Salah satu cara paling efektif dalam menghemat bahan bakar adalah dengan cara membuat mobil berjalan dengan enteng, yang mana bisa dilakukan dengan mengurangi hambatan udara dan berat mobil. Semakin berat bobot barang di dalam mobil, maka semakin memerlukan lebih banyak daya dan banyak bahan bakar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Begini Cara Nyetir Supaya Irit Bensin
Artikel Selanjutnya
Cuma Hemat 3 Persen, Begini Spesifikasi Lengkap Honda PCX Hybrid