Sukses

Hati-Hati, Alarm Toyota Avanza Paling Mudah Dilumpuhkan

Liputan6.com, Jakarta - Mobil sejuta umat, Toyota Avanza, masih jadi target favorit pencurian. Pasalnya, alarm di mobil andalan Toyota Astra Motor (TAM) ini, paling gampang dilumpuhkan, terlebih fitur immobilizer untuk Toyota Avanza hanya tersedia untuk tipe G saja.

"Biasanya, pencuri mencari sirine alarm di kabin lewat kolong mobil (ngolong), dan memutuskan kabel penghubung," jelas Darusman, pemilik RCA Pusat Audio Mobil, saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (21/6/2017).Lanjut Darusman, jika sudah begitu pencuri hanya tinggal membobol pintu dengan kunci T dan otomatis hanya lampu sein yang berkedip, karena sirine alarm sudah dimatikan. "Kalau sudah begitu, hanya butuh waktu 10 menit, bahkan kurang untuk membawa kabur Toyota Avanza," tegas pria yang bengkelnya beralamat di Jalan Hos Cokroaminoto, Karang Tengah, Ciledug, Tangerang.Dengan begitu, bagi pemilik Toyota Avanza memang tidak cukup hanya mengandalkan alarm, sebaiknya gunakan perangkat keamanan lain, seperti immobilizer (after market), kunci setir, dan pelacak GPS atau GPS Tracker.

Sementara itu, menurut Aat dari JavaMotor, spesialis alarm, kini juga ada anti starter untuk di mobil. Jadi, fungsinya sama dengan starter ganda di motor.

"Sebenarnya mau pakai apa, pencuri pasti lebih pintar. Tapi setidaknya, kita persempit ruang gerak mereka dan kita harus lebih cerdik dari si maling," pungkasnya.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.