Sukses

Mitsubishi Grand Lancer Cuma Ada di Negara Ini

Mitsubishi Grand Lancer akan diluncurkan di Tiongkok dan Taiwan. Sementara di tempat lain model ini justru berhenti produksi.

Liputan6.com, Beijing - Tahun 2015 lalu, CEO Mitsubishi Motors Corp (MMC) Osamu Masuko mengatakan, Lancer dan Pajero, akan disuntik mati dalam waktu dekat. Dan itu benar-benar mereka lakukan.

Namun hal tersebut tidak berlaku di Taiwan dan Tiongkok. Tahun ini, Lancer baru justru akan diluncurkan, namun dengan embel-embel "Grand" di depan namanya. Dibanding versi terakhir, desain eksterior dan interiornya cukup berubah.

Laman jalopnik.com, dikutip Selasa (14/2/2017), menyebut bahwa Grand Lancer adalah all-new lancer yang dikembangkan oleh mitra lokal, China Motor Corporation.

Di balik kap, Grand Lancer hanya dilengkapi satu varian mesin, 4J MIVEC, yang menggantikan mesin 4B. Mesin ini tersedia dalam kapasitas 1,8 liter, dan disandingkan dengan transmisi CTV serta sistem penggerak roda depan.

Pada eksterior, perubahan paling mencolok tentu saja di bagian depan. Model ini telah mengadopsi Dynamic Shield, bahasa desain Khas Mitsubishi yang juga dikenakan pada model baru Mitsubishi lain seperti Pajero Sport.

Di bagian interior, dashboard telah didesain ulang dengan penambahan touchscreen full-colour. Sementara beberapa fitur keselaman yang tersemat pada Grand Lancer adalah dual airbag, serta electronic stability control, dan traction control.

Peluncuran Lancer di Tiongkok dan Taiwan sendiri bukan tanpa sebab. Di wilayah itu penjualan Lancer sangat kuat.

Bahkan, Grand Lancer bukanlah proyek pertama China Motors Corporation dalam mengembangkan Lancer secara "mandiri". Sebelumnya, mereka telah memiliki Lancer Fortis dan Lancer iO, yang juga masih eksis di jalanan hingga saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.