Sukses

Pilih Mana, Toyota Corolla Altis atau Honda Civic?

Liputan6.com, Jakarta Pasar sedan menengah kembali ramai dengan kemunculan New Corolla Altis yang baru diluncurkan Toyota Astra Motor (TAM), di salah satu ball room hotel di kawasan Thamrin, Jakarta, Senin, (16/1/2017).

Berbagai ubahan terjadi pada Corolla Altis teranyar, khususnya pada bagian eksterior dan penambahan fitur di bagian interior.

Tentu saja, kehadiran mobil yang telah lahir sejak 50 tahun lalu itu, rupanya sengaja untuk menjegal kehadiran All New Honda Civic  yang telah diluncurkan PT Honda Prospect Motor saat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Untuk menggaet konsumen, New Corolla Altis ini telah sedikit dilakukan penyegaran ringan. Beberapa ubahan Corolla Altis terjadi pada eksterior, mulai dari lampu, grille dan bumper depan, velg, serta lampu belakang.

Secara mesin, New Corolla Altisrupanya telah disematkan mesin I2ZR-FE 16-valve, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.798 cc, yang mampu memuntahkan daya maksimum  148 Hp pada 6.400 rpm dan torsi 19.4 kgm pada 4.000 rpm.

Lantas bagaimana dengan Honda Civic?

Generasi kesepuluh dari Civic ini memang telah melakukan debutnya di Tanah Air lebih dahulu.

Secara desain, memang begitu menggoda dibandingkan model sebelumnya. Maklum, Honda tidak hanya merombak Civic ala kadarnya, melainkan berubah total, mulai dari eksterior hingga interior dengan beragam kemewahan.

All New Honda Civic pada bagian luar telah didandani dengan lampu depan berteknologi LED, lengkap dengan LED Daytime  Running LED (DRL). Di bagian belakang, dengan lampu meruncing, dilengkapi LED Light Bars dan Dual Exhaust Pipe Finisher.

Masuk ke interior, jok Civic dibalut material kulit berkualitas, begitu juga setir dan tuas transmisinya. 

Beberapa fitur canggih lain yang disematkan seperti electric parking brake, vehicle stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), brake override system, dan emergency stop signal.

Menariknya, meski mesin berkode L15B7 kapasitasnya lebih kecil dari 1,8 liter menjadi 1,5 liter. Namun untuk memperoleh tenaga yang besar, Honda membenamkan turbocharger. 

Alhasil tenaga All New Civic yang dihembuskan bisa mencapai 174 Tk dengan torsi puncak 220 Nm. 

Soal harga, New Corolla Altis 1.8 V AT dibanderol Rp 456,6 juta dan 1.8 G MT dilepas Rp 422.1 juta. Sedangkan untuk Civic 1.5 L ES AT Rp 480 juta dan Civic 1.5 L  Prestige Rp 483 juta. Semua harga tersebut dibanderol on the road Jakarta.