Sukses

Renault-Datsun Bisa Servis di Nissan, Bagaimana Mitsubishi?

Liputan6.com, Jakarta Saling mengakusisi di dunia otomotif memang bukanlah hal tabu. Sebab, dengan kolaborasi maka kegiatan bisnis lebih mudah. Hal ini juga terlihat pada aliansi Nissan dengan Renault, Datsun dan Mitsubishi.

Setelah mencaplok Datsun dan Renault, kedua merek tersebut kini terlihat sangat terbantu, khususnya dalam hal penjualan maupun aftersales di Indonesia. Ya, baik mobil merek Datsun dan Renault ternyata bisa melakukan penjualan ataupun servis di dealer atau bengkel Nissan.

Lantas bagaimana dengan Mitsubishi Indonesia, pasca Nissan membeli 34 persen saham Mitsubishi senilai 237 miliar Yen? Apakah pembelian atau purna jual dari produk Nissan, Datsun dan Renault bisa dilakukan di dealer Mitsubishi?

Menanggapi hal itu, Executive General Manager MMC Sales & Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), Osamu Iwaba ikut berkomentar. Kata dia, meski Nissan-Renault bersatu, namun tidak bagi Mitsubishi.

Kayaknya enggak. Bisnis berbeda,” ujar Iwaba saat ditemui di  acara persemian body repair & paint PT Budi Berlian Motor, Lampung, Bandar Lampung, Senin, (19/12/2016).

Menurut Iwaba, meski menjalin kerja sama, belum tentu semua dilakukan bersama. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan antara Mitsubishi dan Nissan akan mengembangkan serta berkolaborasi dalam mengembangkan produk.

Sayangnya, Iwaba sendiri belum mau berkomentar banyak kerja sama apa yang nantinya bisa berimbas pada pasar otomotif global pada umumnya, dan Indonesia khususnya.